Survei Indikator Politik: 40 Persen Pemilih PKB Mendukung Ganjar pada Pilpres

Survei Indikator Politik: 40 Persen Pemilih PKB Mendukung Ganjar pada Pilpres
Ketua Umum PKB A. Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menerima sepasang burung cinta atau lovebird dari bakal capres untuk Pilpres 2024 Ganjar Pranowo di sebuah kafe di Jakarta Selatan, Jumat (18/8). Foto: supplied for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru yang menunjukkan bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo mendapatkan suara lebih banyak dari Nahdlatul Ulama (NU).

Dukungan para nahdiyin itu lebih banyak kepada Ganjar dibandingkan dua nama bacapres lainnya yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Berdasar hasil survei, pemilih NU yang memilih Ganjar sebanyak 43,5 persen, memilih Prabowo 31,6 persen, dan memilih Anies hanya 20,0 persen.

“Berdasarkan kedekatan dengan ormas Islam, yang merasa dekat dengan NU lebih banyak lari ke Mas Ganjar. Padahal Mas Ganjar sendiri dari PDIP. Sedangkan Pak Prabowo didukung dari segmen NU 31,6 persen, meskipun didukung oleh partai NU yaitu PKB,” ujar Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi saat menyampaikan hasil surveinya.

Burhanuddin mengatakan hal ini terjadi lantaran Ganjar memiliki kedekatan dengan NU sekaligus istrinya yaitu Siti Atiqoh merupakan putri dari seorang kiai.

“Mungkin, Mas Ganjar dari sisi kubu dianggap orang NU, apalagi istrinya anak kiai, mungkin ya,” kata dia.

Sementara, Hendro Prasetyo yang juga Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia menjelaskan ada sebanyak 40,3 persen pemilih PKB mendukung Ganjar.

“Kami lihat tidak kalah menarik, di sini 40,3 persen warga PKB memilihnya Pak Ganjar. Padahal kita tahu PKB salah satu pengusung Pak Prabowo sejak awal, namun yang memilih baru 30,5 persen,” ujarnya.

Hasil survei dari lembaga Indikator Politik Indonesia menunjukkan 40 persen pemilih PKB mendukung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News