Survei INES: Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul Jauh dari Para Pesaing

Survei INES: Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul Jauh dari Para Pesaing
Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengikuti Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di Gedung JCC, Jakarta, Minggu (21/1). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Network Election Survey (INES) merilis hasil survei terbaru yang dilakukan pada 12-21 Januari 2024. Dari survei itu diketahui pelaksanaan Pilpres 2024 berpotensi satu putaran.

Direktur Eksekutive INES Andri Gunawan mengatakan dalam survei pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto-Rakabuming Raka mendapat dukungan sebesar 55,3 persen.

Kemudian paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas 20,2 persen dan disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 17,1 persen.

Sedangkan responden yang belum menentukan pilihan ada sebanyak 7,4 persen.

"Survei itu mengambil 2.180 responden usia 17 tahun ke atas dan pernah menikah serta tersebar di 34 provinsi," kata Andri dalam siaran persnya, Jumat (26/1).

Andri menyebut dalam survei itu juga diukur tingkat akseptabilitas ketiga calon presiden, Hasilnya tingkat akseptabilitas oleh publik terhadap kepemimpinan Prabowo dinilai paling tinggi sebanyak 80,2 persen, sedangkan Ganjar Pranowo 70,6 persen dan Anies Baswedan 68,6 persen

"Perlu dicatat bahwa dalam tahap akseptabilitas, pemilih menerima seorang calon. Penerimaan ini merupakan proses alam bawah sadar berbentuk persepsi yang terbangun," kata Andri.

Sementara pengamat politik dari Universitas Pamulang (Unpam) Yusak Farchan mengatakan hasil survei INES itu menunjukkan adanya keinginan para pemuda untuk dipimpin Prabowo-Gibran.

Hasil survei terbaru INES menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul jauh dari para pesaingnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News