Survei INES: Pelaku Usaha Pilih Airlangga-Moeldoko Untuk Memimpin Indonesia

Survei INES: Pelaku Usaha Pilih Airlangga-Moeldoko Untuk Memimpin Indonesia
Foto Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Moeldoko. Dok DPP Golkar.

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Network Election Survei (INES) Nugraheni Kartika mengatakan pihaknya menggelar survei tentang sosok pemimpin pada Pemilu 2024 yang membawa perubahan dalam pertumbuhan ekonomi.

Adapun para responden merupakan 1.988 pelaku usaha yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam survei itu, mayoritas pelaku usaha mengaku puas dengan kebijakan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) yang memberikan angin segar kepada para investor.

"Sebanyak 78,6 persen pelaku usaha puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Sementara sebanyak 12,8 persen tidak puas dan 8,6 persen tidak berkomentar, " ujar Nugraheni dalam siaran persnya, Kamis (19/1).

Kemudian, pihaknya juga menanyakan kepada para pelaku usaha, parpol mana yang dipilih apabila pemilu digelar hari ini. Hasilnya, Partai Golkar paling banyak dipilih oleh para pelaku usaha dengan tingkat keterpilihan mencapai 20,8 persen.

"Kemudian urutan kedua PDI Perjuangan 17,7 persen, lalu Gerindra 17,2 persen, PKB 6,4 persen, NasDem 5,2 persen, PPP 4,7 persen, PAN 4,2 persen, PKS 3,5 persen, Demokrat 2,7 persen, dan parpol lainnya di bawah satu persen," kata dia.

Para pelaku usaha juga berharap presiden terpilih nantinya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi Indonesia.

Nugraheni menambahkan pada survei itu mereka menanyakan nama-nama tokoh yang berpotensi dipilih, hasilnya Airlangga Hartarto menjadi yang tertinggi dengan suara 30,4 persen. Disusul Prabowo Subianto 20,2 persen, Ganjar Pranowo 10,1 persen, Anies Baswesdan 7,2 persen, dan Moeldoko 6,8 persen.

Lembaga INES merilis hasil survei terbaru untuk capres 2024. Hasilnya, pasangan Airlangga-Moedoko paling banyak dipilih oleh responden pelaku usaha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News