Survei JJI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Sudah Mencapai 53,2 Persen

Survei JJI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Sudah Mencapai 53,2 Persen
Paslon capres dan cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengacungkan jari membentuk victory setelah memperoleh nomor urut 2. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jaringan Jurnalis Indonesia (JJI) merilis hasil survei terbaru bertema Potret Suara Masyarakat Indonesia pada Pilpres 2024 yang melibatkan masyarakat di 440 Kabupaten/kota di Indonesia.

Koordinator JJI, Agusta Irawan mengatakan dari hasil survei yang dilakukan pada 10-19 Januari 2024 menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mampu meraih 53,2 persen suara.

Sementara kompetitornya, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya memperoleh 25,2 persen suara.

Lalu pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar hanya 18,2 persen suara dan belum menentukan suara/tidak memberikan jawaban sebanyak 3,4 persen.

"Survei jajak pendapat ini diikuti oleh 2.378 warga Indonesia yang sudah memiliki hak pilih pada Pilpres 2024 dan tersebar secara proposional di 440 kabupaten/kota,” ujar dia dalam siaran persnya, Rabu (23/1).

Adapun survei tersebut memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan margin of error sebesar kurang lebih 2,01 persen.

Survei itu juga memotret ke mana arah dukungan suara pemilih Joko Widodo dan Prabowo pada Pilpres 2019.

Dari jumlah responden, sebanyak 60,2 persen merupakan warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih pada Pemilu 2019.

Berdasar hasil survei Jaringan Jurnalis Indonesia, elektabilitas Prabowo-Gibran kini mencapai 53,2 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News