Survei Litbang Kompas: Prabowo Capres dengan Pemilih Loyalis Tertinggi

Survei Litbang Kompas: Prabowo Capres dengan Pemilih Loyalis Tertinggi
Elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus naik dalam beberapa survei yang dirilis baru-baru ini. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra menjadi kandidat calon presiden dengan pemilih potensial loyalis tertinggi.

Hal itu terlihat berdasarkan survei yang dilakukan Litbang Kompas terhadap 1.202 responden pada 25 Januari-4 Februari 2023.

Peneliti Litbang Kompas, Reza Felix Citra memaparkan, pendukung tokoh capres 2024 mendatang saat ini masih didominasi oleh tokoh yang mempunyai popularitas tinggi.

"Prabowo Subianto memimpin dengan pemilih potensial loyalis sebesar 23,5 persen," kata Reza, Jumat (3/3/2023).

Pendukung potensial loyalis dari Ridwan Kamil nomor dua terbesar yakni 20,1 persen, lebih tinggi dari Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Adapun seluruh responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Metode wawancara tatap muka ini berada di tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error penelitian lebih kurang 2,83 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Adapun baru-baru ini menurut survei Litbang Kompas, elektabilitas Prabowo dan Partai Gerindra meningkat secara bersamaan dari preferensi pemilih generasi Z.

Ketua umum Gerindra Prabowo Subianto memimpin dengan pemilih potensial loyalis sebesar 23,5 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News