Survei LKPI: Sudaryono Diunggulkan di Pilgub Jateng

Survei LKPI: Sudaryono Diunggulkan di Pilgub Jateng
Warga saat mengikuti pencoblosan Pilkada. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) melakukan survei untuk mengetahui pilihan masyarakat Jawa Tengah jelang Pilkada Jateng terhadap tokoh-tokoh yang berpotensi maju di pemilihan kepala daerah.

Sejumlah tokoh pun diprediksi bakal ikut dalam persaingan ketat pemilihan Gubernur Jawa Tengah untuk periode 2024-2029.

Dari survei LKPI, muncul nama-nama Hendrar Prihadi, Sudaryono, Taj Yasin Maimoen, Dico M. Ganinduto, Muhammad Yusuf Chudlori, dan Irjen Ahmad Luthfi.

Direktur Eksekutif LKPI Tobus Lubis mengatakan survei dilakukan pada 12 hingga 22 April 2024. Hasilnya, elektabilitas Hendrar Prihadi mantan Wali Kota Semarang mencapai 21,2 persen.

Namun, yang menarik ada di posisi kedua, yakni Sudaryono selaku Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah. Sudaryono mendapat suara 19,1 persen.

Selanjutnya ada mantan wagub Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen 16,6 persen, Irjen Ahmad Luthfi selaku Kapolda Jawa Tengah 11,7 persen.

Lalu ada Dico M. Ganinduto mantan Bupati Kendal 11,1 persen, Muhammad Yusuf Chudlori politikus PKB 9,2 persen dan yang tidak memilih mencapai 11,1 persen.

“Dari 1.820 responden warga Jawa Tengah, sebanyak 49,3 persen yang mengetahui akan adanya pilkada Jawa Tengah pada November 2024 , dan sebanyak 50,7 persen tidak tahu atau tidak mengerti,” kata dia dalam siaran persnya, Sabtu (27/4).

Hasil survei LKPI menunjukkan sosok Sudaryono sebagai salah satu unggulan pada Pilgub Jateng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News