Survei LSI: AHY Posisi Pertama Cawapres, Keempat Sebagai Capres

Survei LSI: AHY Posisi Pertama Cawapres, Keempat Sebagai Capres
Hasil survei terbaru menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono teratas sebagai cawapres, keempat sebagai capres. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Survei yang dilakukan Lembaga Survei Independen (LSI) menunjukkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono meraih hasil survei tertinggi sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

Elektabilitas AHY itu berada di puncak dengan 26,1 persen.

"Namun, pada posisi kedua mengalami perubahan dengan naiknya elektabilitas Ketua DPR Puan Maharani yang menyalip Sandiaga Uno dengan elektabilitas 16,7 persen," kata Direktur Riset Lembaga Survei Independen (LSI) Fathur Rahman dalam keterangannya Senin (22/8).

Di sisi lain, pada survei elektabilitas calon presiden, AHY menempati posisi keempat di bawah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

"Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas 12,8 persen dan AHY mendapatkan elektabilitas 12,6 persen," lanjutnya.

Posisi puncak survei elektabilitas calon presiden yang dilakukan oleh LSI ditempati oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 19,3 persen dan diikuti oleh Prabowo Subianto dengan 18,4 persen.

"Posisi kelima ditempati oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 8,4 persen, Ketua DPR Puan Maharani 3,2 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir 1,7 persen," jelasnya.

Sementara, posisi kedelapan dan sembilan tujuh ditempati oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 0,9 persen dan Sandiaga Uno 0,6 persen.

Hasil survei terbaru menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono teratas sebagai cawapres, keempat sebagai capres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News