Survei LSI: Jika Lihat Tren Elektabilitas Capres, Pertarungan Sudah Selesai

Survei LSI: Jika Lihat Tren Elektabilitas Capres, Pertarungan Sudah Selesai
Rilis hasil survei LSI Denny JA tentang elektabilitas pasangan capres-cawapres di Jakarta, Selasa (5/3). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis hasil jajak pendapat tentang elektabilitas pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) setelah masa kampanye yang berlangsung sejak 23 September 2018. Setelah sekian lama berkampanye, selisih elektabilitas duet Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin (Jokowi - Ma’ruf) dengan Prabowo Subianto - Sandiaga S Uno masih cukup jauh.

Merujuk survei LSI Denny JA terhadap 1.200 responden pada 18-25 Februari 2019, elektabilitas Jokowi - Ma’ruf sebesar 58,7 persen. Sementara itu, elektabilitas Prabowo - Sandi di angka 30,9 persen. Baca juga: Sekjen PBB: Survei LSI Tergantung Pesanan 

Peneliti LSI Ardian Sopa mengatakan, terdapat selisih sekitar 28 persen antara dua kubu yang bersaing. Padahal, sebelumnya selisih elektabilitasnya di kisaran 20 persen.

"Tren elektabilitasnya ada yang naik dan ada yang turun, tetapi jaraknya relatif stabil yaitu di atas 20 persen. Jika dilihat tren ini sebenarnya pertarungan sudah selesai,” ujarnya dalam jumpa pers di kantor LSI Denny JA di Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (5/3).

Adrian memerinci, selama 3 bulan terakhir ini elektabilitas Jokowi-Ma'ruf menunjukkan tren peningkatan. Pada November 2018, elektabilitas duet bernomor urut 01 itu adalah 53,2 persen pada November 2018.

Selanjutnya elektabilitas Jokowi - Ma’ruf pada Desember 2018 di angka 54,2 persen. Terakhir elektabilitas duet usungan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) itu pada Januari 2019 adalah 54,8 persen.

Adapun elektabilitas Prabowo - Sandi pada November 2018 di angka 31,2 persen. Namun, elektabilitas duet bernomor urut 02 itu turun pada Desember 2018 menjadi 30,6 persen.

Elektabilitas Prabowo - Sandi kembali naik menjadi 31 persen pada Januari 2019. Meski demikian, masih ada waktu 43 hari lagi menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada 17 April mendatang.

Hasil survei LSI Denny JA memperlihatkan selisih elektabilitas Jokowi - Ma'ruf dengan Prabowo - Sandi makin jauh karena di angka 28 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News