JPNN.com

Survei LSI: Petahana Perkasa, Bakal Melenggang Mulus ke Periode Kedua

Senin, 10 Agustus 2020 – 01:28 WIB
Survei LSI: Petahana Perkasa, Bakal Melenggang Mulus ke Periode Kedua - JPNN.com
Peneliti LSI Denny JA Ikrama Masloman (kanan). Foto: dok pri untuk jpnn

jpnn.com, MANADO - Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara petahana Olly Dondokambey dan Steven Kandouw berpeluang besar memenangkan kontestasi Pilkada Sulut pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pasangan petahana ini masih diunggulkan karena tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerjanya cukup tinggi.

Hal ini terungkap dari hasil survei LSI Denny JA yang dilansir Minggu (9/8) siang, di Manado, Sulut, menyebut petahana bakal melenggang mulus ke periode kedua jabatannya.

Olly Dondokambey diapresiasi positif dengan elektabilitas di atas 60%, sementara penantangnya hanya meraih suara di bawah 10%.

Survei yang dilakukan untuk melihat kondisi terkini para calon dalam Pilgub Sulawesi Utara yang akan berlangsung di akhir 2020 nanti.

"Dengan atribusi program dan capaian yang telah dilakukan, kekuatan petahana dalam hal ini Olly Dondokambey, diapresiasi positif dengan elektabilitas perkasa di atas 60%. Sedangkan barisan para penantang suaranya di bawah 10%," terang peneliti LSI Denny JA Ikrama Masloman.

Survei LSI dilakukan pada medio April 2020 dengan menggunakan 800 responden, mengangkat tema 'lima Bulan Jelang Pilkada Sulut, Kekuatan Petahana dan Peluang Penantang'.

Survei dilakukan dengan sample di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Utara, menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini 3,5%.

Ikram menjelaskan, keperkasaan petahana tergambar dari elektabilitas para calon gubernur petahana Olly Dondokambey (OD) yang didukung sebesar 62%, sementara penantangnya Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu didukung 9,3% suara, Elly E Lasut (E2L) didukung 6,7% suara, G.S Vicky Lumentut (GSVL) didukung 4,5% suara, Vonny A Panammbunan (VAP) didukung 3,3% suara, dan Stefanus Vreeke Runtu (SVR) didukung 0,3%, sedangkan yang belum menentukan pilihan sebesar 13,9% suara.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi