Survei: Mayoritas Masyarakat Puas dengan Pemilu 2014

Survei: Mayoritas Masyarakat Puas dengan Pemilu 2014
Survei: Mayoritas Masyarakat Puas dengan Pemilu 2014

jpnn.com - JAKARTA - Penyelenggaraan pemilihan umum legislatif (Pileg) 2014 mendapat tanggapan positif dari sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini terungkap dalam hasil survei yang dirilis lembaga survei International Foundation for Electoral System (IFES) dan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Hasil survei itu menyebutkan sebanyak 31 persen responden menilai penyelenggaraan pemilu legislatif 2014 lebih baik dibanding pemilu 2009.

"Ini menunjukkan mayoritas masyarakat Indonesia mempunyai penilaian positif terhadap proses pemilu legislatif 9 April lalu," kata Direktur IFES, Rakesh Sharma saat memaparkan hasil surveinya di Jakarta Pusat, Rabu (25/6).

Survei ini dilaksanakan pada 1-10 Juni 2014 di 33 provinsi di Indonesia. Survei yang menggunakan metode tatap muka itu melibatkan 2009 responden dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2,3 persen.

Dalam survei tersebut juga disebutkan, 52 persen responden menilai bahwa level penyelenggaraan pemilu legislatif 2014 sama saja dengan pemilu legislatif 2009.

"Sementara hanya 12 persen saja yang menyebutkan bahwa pemilu 2014 tidak diselenggarakan dengan baik. Secara keseluruhan pemilu tahun ini bisa dikatakan baik," lanjut Rakesh.

Rakesh menambahkan, sebagian besar responden juga mengaku puas dengan penyelenggaraan pemilu baik itu pada proses pemungutan suara ataupun prosedur yang berlaku dalam pemilu legislatif.

"88 persen responden juga menilai bahwa pemilu 9 April kemarin sudah berlangsung baik dan 80 persen responden juga menilai bahwa pemilu 9 April juga sudah berjalan secara jujur dan adil," ujar Rakesh.

JAKARTA - Penyelenggaraan pemilihan umum legislatif (Pileg) 2014 mendapat tanggapan positif dari sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini terungkap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News