Survei MIPOS: Elektabilitas Prabowo Menguat, Ganjar dan Anies Mengalami Penurunan

Survei MIPOS: Elektabilitas Prabowo Menguat, Ganjar dan Anies Mengalami Penurunan
Menhan RI Prabowo Subianto menjadi tokoh pemilik elektabilitas tertinggi menurut temuan teranyar Merdeka Institute for Public Opinion Survey (MIPOS). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menhan RI Prabowo Subianto menjadi tokoh pemilik elektabilitas tertinggi menurut temuan teranyar Merdeka Institute for Public Opinion Survey (MIPOS).

Prabowo dalam survei tersebut mengantongi elektabilitas sebesar 32,4 persen. Angka itu meningkat dibandingkan temuan MIPOS pada Agustus 2022 yang tercatat 28,2 persen. 

"Elektabilitas Prabowo saat ini mengalami kenaikan cukup signifikan," kata peneliti senior MIPOS Edwin A. Sarif merilis hasil survei bertajuk berjudul Dinamika Elektabilitas Para Kandidat Capres Menjelang Pemilu 2024, Jumat (2/12). 

Menurut Edwin, meningkatnya elektabilitas Prabowo karena eks Danjen Kopassus itu dipersepsikan publik sebagai seorang negarawan yang matang.

"Bagi masyarakat bawah masalah ketersediaan pangan dan lapangan kerja menjadi agenda terpenting dalam hidup mereka dan Prabowo mereka pandang memiliki pengalaman dan kemampuan untuk mencari solusi dalam dua masalah itu," kata dia. 

Sementara itu, kata Edwin, elektabilitas tertinggi kedua dan ketiga menurut temuan MIPOS ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Anies Baswedan

Ganjar dalam survei Dinamika Elektabilitas Para Kandidat Capres Menjelang Pemilu 2024 itu mengantongi 19,8 persen dan Anies mendapat 18,9 persen.

Namun, kata Edwin, elektabilitas kedua tokoh itu cenderung mengalami penurunan dibandingkan temuan MIPOS pada Agustus 2022 yang masing-masing di atas 20 persen. 

MIPOS mengungkap temuan teranyar soal elektabilitas kandidat yang dianggap bakal menjadi Capres 2024. Siapa yang unggul? 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News