Hasil Survei Kinerja Menteri, Moeldoko Punya Potensi Penerus Jokowi

Hasil Survei Kinerja Menteri, Moeldoko Punya Potensi Penerus Jokowi
Hasil survei Polstat menunjukkan Prabowo Subianto dinilai publik sebagai menteri yang paling memiliki kinerja baik, nama Moeldoko potensial jadi penerus Jokowi. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Political Statistics (Polstat) merilis temuan terbaru tentang kinerja pemerintahan Jokowi, khususnya kinerja para menteri di mata publik jelang Pemilu 2024. 

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dinilai publik sebagai menteri dengan kinerja terbaik pada Kabinet Indonesia Maju.

Dengan perolehan hasil survei sebesar 16,2 persen, Prabowo mengungguli sejumlah nama menteri dan pejabat setingkat menteri lainnya, antara lain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan perolehan 11,3 persen, Menteri Keuangan Sri Mulyani sebesar 10,8 persen, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan 9,2 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir sebesar 6,7 persen.

Peneliti Senior Polstat Apna Permana menyatakan ada faktor obyektif dan subyektif yang mempengaruhi persepsi publik dalam menilai kinerja para menteri Kabinet Jokowi. 

"Menteri Pertahanan, misalnya, mengapa dalam berbagai riset lembaga survei selalu menempati posisi teratas menteri dengan kinerja terbaik, tidak dapat disangkal karena Prabowo sangat fokus pada tugas yang diamanatkan kepadanya oleh Presiden Jokowi," kata Apna Permana dalam keterangannya, Jumat (2/12)

Dia menjelaskan faktor subyektifnya kalah setiap responden yang memilih Prabowo sebagai capres cenderung menyebut Ketua Umum Partai Gerindra sebagai menteri dengan kinerja terbaik.

"Faktor subyektif mungkin juga mempengaruhi penilaian publik terhadap kinerja Menparekraf Sandiaga Uno dan Menteri BUMN Erick Thohir yang namanya juga sering muncul dalam papan survei sebagai capres," lanjutnya.

Selain kinerja para menteri dan pejabat setingkat menteri, survei Polstat kali ini juga menelisik pendapat publik tentang anggota Kabinet Jokowi Jilid II yang layak maju sebagai capres 2024. 

Hasil survei Polstat menunjukkan Prabowo Subianto dinilai publik sebagai menteri yang paling memiliki kinerja baik, nama Moeldoko potensial jadi penerus Jokowi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News