Survei PatraData Terbaru: Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul Sementara di Pulau Jawa

Survei PatraData Terbaru: Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul Sementara di Pulau Jawa
Manajer Riset PatraData Rezki Adminanda mengatakan survei nasional lembaganya menunjukkan elektabiltas Prabowo-Gibran unggul sementara di Pulau Jawa dibandingkan pasangan capres-cawapres lain. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei PatraData yang dilaksanakan pada 1-5 Desember 2023 memperlihatkan elektabilitas pasangan capres-cawapres, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul sementara di Pulau Jawa.

“Memasuki masa kampanye pilpres ini, temuan survei PatraData menunjukkan bahwa Prabowo Subianto dengan 36,3 persen, unggul dari Ganjar Pranowo dengan 31,4 persen, dan Anies Baswedan dengan 26,6 persen," ungkap Manajer Riset PatraData Rezki Adminanda dalam keterangannya, Senin (11/12).

Dia menyampaikan merujuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah pemilih di Pulau Jawa mencapai 115.373.669 orang atau setara dengan 56,33 persen dari total jumlah pemilih di seluruh Indonesia.

Jika dicermati pada konteks pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024 mendatang, ketiga kandidat pasangan calon diketahui berasal dari Pulau Jawa.

Hal tersebut tentu akan menimbulkan persaingan ketat antarmasing-masing pasangan calon dalam merebut hati pemilih di Pulau Jawa.

Lebih lanjut dia menyampaikan adapun untuk simulasi dua nama calon presiden 2024 secara head to head di Pulau Jawa, yaitu Anies Baswedan unggul dengan 43,4 persen dari bakal calon presiden Ganjar Pranowo dengan 40,3 persen, dan terdapat 16,3 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak jawab.

Selanjutnya pada simulasi dua nama atau head to head calon presiden berikutnya,menunjukkan hasil Prabowo Subianto unggul jauh (62,4 persen) head to head dengan Anies Baswedan (27,2 persen).

Begitu juga Prabowo Subianto unggul dengan angka 63,3 persen head to head dengan Ganjar Pranowo yang hanya memperoleh 23,4 persen.

Survei PatraData menunjukkan elektabiltas Prabowo-Gibran unggul sementara di Pulau Jawa dibandingkan pasangan capres-cawapres lain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News