Survei Pilgub Jatim: Elektabilitas Khofifah Naik Terus

Survei Pilgub Jatim: Elektabilitas Khofifah Naik Terus
Lembaga Populi Center baru saja melakukan survei terhadap elektabilitas kandidat di Pilgub Jatim 2018 dengan megunggulkan Khofifah Indar Parawansa. Foto Radar Malang/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Populi Center baru saja melakukan survei terhadap elektabilitas kandidat di Pilgub Jatim 2018.

Hasilnya, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak unggul dengan 44 persen.

Paslon nomor urut dua, Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno tingkat keterpilihannya 38,8 persen. Sementara undecided voters 17,2 persen.

“Elektabilitas Khofifah - Emil ini naik dari 39,6 persen pada Januari lalu menjadi 44.0 persen. Sementara untuk Gus Ipul-Puti, cenderung flat, dari 39,5 persen menjadi 38,8 persen. Ini menunjukkan, dalam tiga bulan terakhir, elektabilitas Khofifah-Emil naik terus,” kata Direktur Populi Center, Usep S Ahyar seperti yang dilansir Radar Malang (Jawa Pos Group), Kamis, (3/5).

Survei Populi Center ini dilakukan pada 22 hingga 28 April 2018 di 38 Kabupaten/kota dengan jumlah responden 800. Menggunakan metode survei multistage random sampling dengan margin of error 3,39 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam skema pertanyaan “Jika Pilgub Jawa Timur dilaksanakan saat ini, siapakah tokoh yang akan bapak/ibu pilih sebagai Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2018-2023?”. Hasilnya Khofifah - Emil mendapat dukungan sebanyak 44 persen. Sedangkan Gus Ipul-Puti hanya 38,8 persen dengan undecided voters 17,2 persen.

Sementara untuk popularitas kandidat Cagub, Gus Ipul berhasil mengungguli Khofifah meski selisihnya cukup tipis. Yakni, 89,0 persen untuk Gus Ipul dan 88,8 persen untuk Khofifah. Sedangkan untuk Cawagub, Emil popularitas Emil Dardak cukup tinggi, yakni, 51,9 persen dan popularitas Puti hanya 49,3 persen.

“Untuk tingkat pengenalan empat tokoh, popularitas Gus Ipul dan Khofifah imbang jika diukur dalam rentang margin of error. Sementara popularitas Emil dan Puti juga berimbang. Ini menunjukkan kedua Paslon sama-sama gencar dalam kampanye,” terang Usep.

Lembaga Populi Center baru saja melakukan survei terhadap elektabilitas kandidat di Pilgub Jatim 2018 dengan megunggulkan Khofifah Indar Parawansa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News