Survei Pilgub Jatim: Gus Ipul Unggul

Survei Pilgub Jatim: Gus Ipul Unggul
Gus Ipul - Mbak Puti menyapa pendukungnya di sela debat publik. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Survei Pilgub Jatim 2018 yang dilakukan Semesta Media and Research mengunggulkan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno.

Dari survei yang dilakukan pada 25 Mei-7 Juni 2018, Gus Ipul-Puti meraih suara 46 persen, sedangkan Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak hanya 42,2 persen.

Adapun yang belum menentukan pilihan (undecided voters) sebesar 11,8 persen.

”Jika kita mengabaikan undecided voters, maka Gus Ipul-Puti meraih suara 52,2 persen, sedangkan Khofifah-Emil mendapat suara 47,8 persen,” kata Direktur Lembaga Survei Semesta, L Riansyah seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group).

Survei tersebut menggunakan sampel mencapai 5.760 responden dari 38 kabupaten/kota seluruh Jatim yang meliputi 360 desa dan 120 kelurahan di Jatim dengan metode pengambilan data wawancara tatap muka. Biasanya lembaga survei hanya mengambil 1.200 responden. Margin of error-nya 1,32 persen.

"Barangkali survei kami satu-satunya survei yang dilakukan lembaga survei yang banyak melibatkan responsen. Biasanya lembaga survei hanya mengambil sampel 800 sampai 1.200 responden, tapi survei kami mengambil sampel 5 ribu lebih responden," paparnya.

Oleh karena itu, dalam melakukan survei, pihaknya membagi 10 zona. Hal ini berbeda dengan lembaga survei lainnya yang membagi per wilayah, seperti wilayah Arek, Tapal Kuda, Malang Raya, Mataraman dan Pandalungan.

Dari pembagian 10 zona itu, 8 zona di antaranya dimenangkan oleh Gus Ipul-Puti. Sementara Khofifah-Emil hanya menang di dua zona, yakni zona V (Kab Malang, Kota Malang dan Kota Batu) dan zona IX (Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Gresik).

Survei Pilgub Jatim 2018 yang dilakukan Semesta Media and Research mengunggulkan Gus Ipul.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News