Survei Pilgub Jatim 2018: Khofifah Menang

Survei Pilgub Jatim 2018: Khofifah Menang
Pasangan calon nomor urut satu di Pilgub Jatim, Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak. Foto Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Survei Pilgub Jatim 2018 yang dilakukan Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) kembali menempatkan Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak sebagai pemenang.

Hal itu ditandai dengan tingkat keterpilihan yang dimiliki pasangan calon yang diusung partai Demokrat, Golkar, Nasdem, PPP, Hanura, PAN.

Peneliti SMRC, Sirajuddin Abbas mengatakan, elektabilitas Khofifah - Emil sebanyak 48,5 persen. Sedangkan saingannya, Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno hanya 40,8 persen.

"Yang tidak tahu ada 10,7 persen,” kata Sirajuddin di Kantor SMRC, Menteng, Jakarta, Jumat (22/6).

Sirajuddin mengatakan, responden memilih Khofifah lantaran dinilai lebih perhatian kepada rakyat selama ini. Namun, yang memilih Saifullah Yusuf menilai yang bersangkutan lebih berpengalaman.

“Jadi yang lebih unggul Khofifah, misalnya orangnya perhatian kepada rakyat mendapatkan angka 17 persen. Gus Ipul unggul di pengalaman, di pemerintahan dengan mendapatkan angka 25 persen,” katanya.

Sirajuddin menambahkan, responden yang mendukung Khofifah-Emil Dardak kemungkinan kecil akan mengubah pilihannya (42 persen). Sementara responden yang mengaku sangat kecil kemungkinannya beralih sebanyak 27 persen.

“Sebanyak 22 persen responden mengatakan, cukup besar mengubah pilihannya di Pilgub Jawa Timur. Kemudian responden yang sangat besar kemungkinannya mengubah pilihannya ada 7 persen. Sementara tidak menjawab satu persen,” ungkapnya.

Survei SMRC menempatkan Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak akan menang di Pilgub Jatim 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News