Survei: Prabowo- Gibran Makin Unggul di Jabar, Jateng, dan Jatim

Survei: Prabowo- Gibran Makin Unggul di Jabar, Jateng, dan Jatim
Ilustrasi Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon Presiden (capres) dan Calon Wakil Presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka makin berpeluang menang dalam Pilpres 2024.

Dalam survei terbaru Polling Institute, Prabowo dinilai berhasil mempertahankan loyalitas pemilih di Jawa Barat (Jabar).

"Prabowo masih sangat dominan di Jabar karena sejauh ini tetap berhasil mempertahankan basis lama pendukungnya dalam dua pilpres terakhir,” ujar Kennedy Muslim, peneliti Polling Institute, dalam keterangannya, Jumat (3/11).

Kuatnya Prabowo di Jabar terlihat dari survei berbagai lembaga. Dalam temuan terbaru Polling Institute periode 25 – 28 Oktober 2023, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 47,3 persen.

Kemudian, disusul pasangan koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh sebanyak 27,9 persen, dan duet Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 23,7 persen.

Hasil serupa juga diperlihatkan oleh Indikator Politik Indonesia (IPI) yang menemukan elektabilitas Prabowo - Gibran mendapat elektabilitas sebesar 50,7 persen. Raihan itu mengungguli Anies – Muhaimin dengan 26,8 persen dan Ganjar - Mahfud sebesar 19,7 persen.

"Survei di Jawa Barat Prabowo masih unggul, dominan," kata Kennedy dari IPI

Dukungan untuk capres dan cawapres Prabowo - Gibran di Jawa Tengah (Jateng) juga turut mengalami kenaikan.

Dalam survei terbaru menyebutkan bahwa Prabowo-Gibran Makin Unggul di Jabar, Jateng, dan Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News