Survei Sasbuzz: Jokowi - KH Ma’ruf Sangat Dominan di Medsos

Survei Sasbuzz: Jokowi - KH Ma’ruf Sangat Dominan di Medsos
Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin usai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Pendiri PT Sasbuzz Teknologi Internasional Rizal Panji Islami mengatakan, Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin mendominasi perbincangan di media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

Berdasarkan rekaman aktivitas akun riil media sosial melalui mesin Sasbuzz pada 29 September-6 Desember 2018, indeks popularitas Jokowi-Maruf di Twitter, Facebook, dan Instragram sangat tinggi dan mendominasi.

"Jokowi-Maruf mendominasi pembicaraan hingga 60 persen dibandingkan dengan paslon Prabowo-Sandi yang hanya 40 persen,” kata Rizal di Jakarta, Kamis (6/12)

Mesin Sasbuzz sendiri memiliki validitas tinggi. Hanya akun riil yang direkam mesin dan menyingkirkan aktivitas akun robot.

Dia menambahkan, mesin Sasbuzz mencatat ada peningkatan jumlah pembicaraan sebesar 0,45 persen pada pekan ini. Peningkatan secara signifikan terjadi di Provinsi Jawa Barat dan Lampung.

"Terjadi lonjakan pembicaraan tentang Prabowo pada 2 Desember 2018. Namun, masih tidak mampu melebihi total pembicaraan tentang Jokowi dan berangsur-angsur turun kembali sampai dengan hari ini," kata Rizal.

Rizal menjelaskan, jumlah pembicaraan harian terbesar dipegang oleh Jokowi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Prabowo dan dua cawapres.

“Jumlah pembicaraan tentang Jokowi selama seminggu ini rata-rata 12 ribu hingga 13 ribu per hari. Untuk Prabowo ada di kisaran 5.000-6.000 per hari. Untuk pembicaraan kedua wakil presiden, total pembicaraan keduanya sangat minim, yaitu di bawah 5.000 per hari,” jelas Rizal.

Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin mendominasi perbincangan di media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News