Survei SMRC: Kemenangan PDIP Terbuka Kalau Pilih Ganjar Sebagai Capres

Survei SMRC: Kemenangan PDIP Terbuka Kalau Pilih Ganjar Sebagai Capres
Survei SMRC menyebut PDIP bisa menang Pilpres 2024 apabila memilih Ganjar Pranowo sebagai capres. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut PDIP kemungkinan besar menang dalam Pilpres 2024 apabila memilih Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres). 

Ganjar disebut paling unggul dan paling kompetitif sebagai capres PDIP apabila dibandingkan dengan Puan Maharani. 

"Data menunjukkan jika yang dicalonkan adalah Ganjar, harapan bagi PDIP untuk memenangkan pilpres dan kembali memiliki presiden menjadi terbuka," kata pendiri SMRC Prof Saiful Mujani dalam siaran persnya, Kamis (15/9). 

Menurut Saiful, berdasarkan format survei semi terbuka pada Maret 2021 sampai Agustus 2022, pergerakan suara Puan tidak signifikan, dari 0,5 persen menjadi 1 persen. 

Sementara Ganjar Pranowo bergerak dari 8,8 persen menjadi 25,5 persen. Prabowo dari 20 persen menjadi 16,7 persen, dan Anies Baswedan dari 11,2 persen menjadi 14,4 persen.

Menurut Saiful, apabila kondisinya seperti sekarang, berat bagi PDIP untuk mencalonkan Puan. 

Pasalnya dari hasil survei, apabila Puan bersaing dengan Prabowo dan Anies, putri dari Megawati Soekarnoputri itu tertinggal jauh dan tidak kompetitif. 

“Persaingan itu (Puan melawan Prabowo atau Anies) tidak fair karena jaraknya terlalu jauh. Kalau Puan harus maju dan PDIP memiliki target untuk menang, maka tantangannya akan sangat berat,” ujar Saiful. 

Hasil survei dari SMRC menyebutkan PDIP bisa menang dalam Pilpres 2024 apabila memilih Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai capres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News