Survei SMRC: Mayoritas Massa 212 Dukung Prabowo di Putaran Kedua Pilpres

Survei SMRC: Mayoritas Massa 212 Dukung Prabowo di Putaran Kedua Pilpres
Peserta aksi Bela Islam 64 membawa spanduk berisi dukungan terhadap sistem khilafah. Aksi yang berlangsung di Jakarta pada 6 April 2018 itu dikoordinatori oleh Persaudaraan Alumni 212. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Prabowo Subianto bakal mendapat dukungan besar dari alumni Aksi 212 dan simpatisan mereka jika dia berduel dengan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 nanti.

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan 59 persen simpatisan 212 memilih Prabowo dalam skenario head to head, dan hanya 29 persen yang berpihak kepada Ganjar.

Sedangkan 11 persen sisanya memilih tidak menjawab.

“Sebaliknya, yang tidak mendukung gerakan 212, hanya 38 persen yang memilih Prabowo dan 54 persen memilih Ganjar, dan 8 persen tidak jawab," kata Saiful Mujani dalam keterangannya.

Sementara dari yang mengaku pernah ikut gerakan atau Aksi 212, sebanyak 57 persen memilih Prabowo, hanya 20 persen memilih Ganjar, dan 23 persen tidak jawab.

Sedangkan yang mengaku tahu tapi tidak pernah ikut aksi tersebut, 47 persen memilih Prabowo Subianto, 43 persen memilih Ganjar Pranowo, dan masih ada 10 persen yang tidak menjawab.

Data ini, menurut Saiful, cukup konsisten. Walaupun elite 212 belum mengambil keputusan resmi, tapi massa pendukungnya di tingkat bawah sudah memiliki preferensi politik.

“Walaupun keputusan resmi dari elite 212 belum keluar, namun massa pendukung 212 di tingkat bawah cenderung memilih Anies dan Prabowo,” kata dia.

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan mayoritas massa 212 bakal mendukung Prabowo jika pilpres berlangsung dua putaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News