Survei SMRC: Politik Indonesia Berjalan ke Arah yang Benar

Survei SMRC: Politik Indonesia Berjalan ke Arah yang Benar
Pemilu Presiden 2014 yang dilaksanakan 9 Juli lalu. Foto: Dok Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Suara rakyat pascapemilihan presiden menunjukan kecenderungan yang sangat optimistis memandang Indonesia ke depan. Hal tersebut tercermin dari hasil survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Minggu (10/8).

Direktur Riset SMRC Dr Djayadi Hanan, mengatakan sebanyak 71,6 persen responden menilai arah perjalanan Indonesia secara umum menuju ke arah yang benar.  Sementara 68,3 persen responden menilai kehidupan politik saat ini sudah berjalan dengan baik atau sedang.

Kemudian 64,3 persen responden menyatakan penegakan hukum sudah baik atau sedang dan sebanyak 84,8 persen responden menyatakan kondisi keamanan sekarang sudah baik atau sedang.

"Ini semua merupakan modal sosial-politik yang mencerminkan sikap positif atas pelaksanaan dan hasil Pilpres yang lalu untuk Indonesia lebih kuat ke depan,” ujarnya saat memberi pemaparan hasil survei bertajuk Kinerja Demokrasi dan Pilpres 2014, Evaluasi Pemilih Nasional.

Modal sosial-politik tersebut, sambung Djayadi Hanan, juga merupakan kekuatan untuk membuat Indonesia lebih stabil dan lebih legitimated bagi pemerintahan baru.

Stabilitas dan legitimasi ini dibutuhkan untuk mewujudkan janji-janji pemerintahan baru pascapemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Survei terbaru SMRC-LSI dilakukan bekerja sama dengan Comparative National Election Project (CNEP), Mershon Center, Ohio State University, USA.

Survei melibatkan 1.220 responden yang dipilih menggunakan metode menggunakan multistage random sampling untuk memenuhi margin of error plus minus 2,9 persen. Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara terlatih pada 21–26 Juli 2014.(gir/jpnn)


JAKARTA - Suara rakyat pascapemilihan presiden menunjukan kecenderungan yang sangat optimistis memandang Indonesia ke depan. Hal tersebut tercermin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News