Survei SRS: Elektabilitas Moeldoko Melesat, 4 Capres Lainnya Stagnan

Survei SRS: Elektabilitas Moeldoko Melesat, 4 Capres Lainnya Stagnan
Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, SURABAYA - Nama Kepala Staf Presiden (KSP) yang juga mantan Panglima TNI, Jendral (Purn.) Moeldoko melesat masuk lima besar elektabilitas capres 2024.

Moeldoko berjejer dengan empat capres lainnya, seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baaswedan, dan Ridwan Kamil.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei Surabaya Research Syndicate (SRS) tentang “Kecenderungan Perilaku Pemilih Calon Presiden dan Partai Politik Jelang Pemilihan Umum 2024'.

Tony Prawira, peneliti senior SRS mengatakan untuk tokoh-tokoh papan tengah dan papan bawah tingkat elektabilitasnya relatif stagnan bahkan cenderung menurun.

"Satu-satunya tokoh yang mengalami kenaikan elektabilitas hanyalah Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dengan perolehan 4,3%," kata Tony, dalam keterangannya, Senin (5/12).

Tony menambahkan Moeldoko dapat menjadi capres alternatif di tengah memanasnya persaingan kubu Ganjar dan kubu Anies akhir-akhir ini.

"Dengan modal pengalaman kepemimpinan baik di lingkungan TNI maupun birokrasi pemerintahan, Moeldoko mungkin dapat menjadi solusi dari meruncingnya perseteruan antara blok Ganjar dan Anies," tuturnya.

Survei SRS dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 14 November 2022, di 34 provinsi Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Survei SRS menyebutkan bahwa Moeldoko melesat masuk lima besar elektabilitas capres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News