Survei Terbaru Elektabilitas Cagub Jabar: Selisih 5,4 Persen

Survei Terbaru Elektabilitas Cagub Jabar: Selisih 5,4 Persen
Ridwan Kamil ke Kantor DPP PDIP Jakarta, Rabu (3/1). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Indo Barometer kembali merilis hasil survei terbaru soal elektabilitas calon gubernur Jabar di Pilkada 2018.

Hasil survei yang dilakukan pada 20–26 Maret 2018, elektabilitas pasangan Mochamad Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum berada di posisi teratas. Di bawahnya ada Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan Hasanuddin-Anton Charliyan di posisi buncit.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden. Margin of error sebesar ± 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

"Dari simulasi dengan mengunakan surat suara, tingkat keterpilihan pasangan Mochamad Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 36,7 persen," ucap Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari saat memaparkan hasil surveinya di Hotel Harris Suites, FX Sudirman, Jakarta pada Kamis (19/4).

Di posisi kedua ditempati pasangan Deddy Mizwar-Ded Mulyadi yang memperoleh dukungan 31,3 persen (selisih 5,4 persen). Menyusul di bawahnya pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (5,4%), dan pasangan Hasanuddin – Anton Charliyan (3,4%).

"Pemilih yang tidak menandai apa pun di surat suara 23,3 persen," tukas peraih gelar doktor bidang ilmu politik Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Hasil tersebut sesuai dengan tingkat kesukaan pemilih terhadap calon Gubernur Provinsi Jabar, di mana Ridwan Kamil berada di posisi teratas (85,6%). Kemudian Deddy Mizwar (77,6%), Sudrajat (29,8%) dan Hasanuddin (19,3%). (fat/jpnn)

 


Hasil survei terbaru Indo Barometer menunjukkan bahwa angka elektabilitas pasangan Ridwan Kamil – UU dengan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi hanya beda tipis.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News