Survei Terbaru: Elektabilitas Ganjar Rebound, Ungguli Prabowo

Survei Terbaru: Elektabilitas Ganjar Rebound, Ungguli Prabowo
Momen Presiden Jokowi bersama dua kandidat Capres 2024, yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Foto/dok: Tim Media

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru yang menunjukkan elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo rebound atau kembali naik setelah sempat turun.

Elektabilitas bacapres dari PDIP itu mampu mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam simulasi tiga nama yang dilakukan Indikator Politik Indonesia.

Adapun elektabilitas Ganjar sebesar 35,2 persen jika pemilihan presiden diadakan sekarang. Kemudian, Prabowo 33,2 persen dan Anies hanya 23,9 persen.

“Simulasi tiga nama ini lagi-lagi kami tanya, kebetulan di antara banyak nama hanya Ganjar, Anies, dan Prabowo yang dinamis dan potensial. Hasilnya Ganjar 35,2 persen, Prabowo 33,2 persen, dan Anies 23,9 persen,” kata Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi saat menyampaikan hasil surveinya, Jumat (18/8).

Dia juga menyebut elektabilitas bacapres dari tahun ke tahun sangat dinamis.

Namun, menurutnya secara umum kenaikan elektabilitas Ganjar rata-rata lebih tinggi dibanding bacapres lainnya.

Berdasar data Indikator Politik Indonesia, elektabilitas sebelumnya sempat menurun. Namun, dalam survei terbaru kini sudah kembali naik.

Sementara pesaing terberat Ganjar, Prabowo Subianto elektabilitasnya mulai gembos. Padahal, dalam survei sebelumnya, Prabowo unggul dari Ganjar.

Elektabilitas Ganjar Pranowo kembali naik dan mengungguli Prabowo Subianto serta Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News