Survei Terbaru: Ganjar-Mahfud Teratas, AMIN Diprediksi Kalah di Putaran Pertama

Survei Terbaru: Ganjar-Mahfud Teratas, AMIN Diprediksi Kalah di Putaran Pertama
Capres dan Cawapres 2024 yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto: Dok. DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Alvara Research Center merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas para bakal capres-cawapres untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam survei yang dilakukan pada Oktober 2023, Alvara melakukan simulasi terhadap tiga pasangan calon yang bakal maju pada Pilpres 2024.

Ketiganya adalah Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Lilik Purwandi selaku peneliti Senior Alvara Research Center mengatakan mereka melakukan survei pada 1-6 Oktober 2023.

Hasilnya, ketika para responden ditanya pilpres digelar hari ini, maka duet Ganjar-Mahfud berada di posisi teratas mengalahkan pasangan lain.

"Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat suara 36,5 persen, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 30,1 persen, sementara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 19,4 persen. Lalu yang belum memutuskan 13,9 persen," kata dia dalam siaran pers yang diterima JPNN, Selasa (24/10).

Lilik menuturkan bahwa secara umum, pasangan Ganjar-Mahfud MD unggul dibandingkan dua pasangan lainnya meskipun dinamika politik kedepan bisa saja merubah klasemen elektabilitas.

"Hal ini tetunya tergantung dari strategi dari masing-masing pasangan dalam meningkatkan elektoral hingga Februari 2024," kata dia.

Hasil survei terbaru dari Alvara Research Center menunjukkan duet Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi teratas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News