Survei Terbaru: PDIP, PSI dan PKS Tetap Bersinar di Tengah Pandemi

Survei Terbaru: PDIP, PSI dan PKS Tetap Bersinar di Tengah Pandemi
Hasil survei New Indonesia Research & Consulting terkait elektabilitas partai politik. Foto: ANTARA/HO-Survei New Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Di tengah pandemi COVID-19 yang tak kunjung reda, elektabilitas tiga partai politik mengalami kenaikan sejak Juni 2020.

"Di tengah wabah Covid-19, hanya PDIP, PSI, dan PKS yang mengalami kenaikan elektabilitas," kata Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis

Elektabilitas PDI Perjuangan masih teratas sebesar 31,4 persen, naik dari 29,3 persen. Sedangkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) naik dari 4,2 persen menjadi 4,6 persen, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) naik dari 5,5 persen menjadi 6,1 persen.

Menurut Andreas, kenaikan elektabilitas ketiga parpol tersebut terjadi di tengah turunnya atau stagnasi yang dialami parpol-parpol lain. Gerindra dan PKB misalnya, cenderung stagnan.

Gerindra yang menempati peringkat kedua hanya sedikit melemah dari 12,5 persen menjadi 12,3 persen. Begitu pula dengan PKB yang melemah dari 6,8 persen menjadi 6,7 persen.

Pada posisi ketiga, Golkar mengalami penurunan dari 9,7 persen menjadi 8,8 persen. Parpol lainnya adalah NasDem (4,1 persen-3,7 persen), Demokrat (3,8 persen-3,2 persen), PPP (2,4 persen-1,9 persen), dan PAN (1,6 persen-1,3 persen).

"PDIP masih menjadi poros dominan dalam koalisi pemerintahan, sementara Gerindra yang dirangkul sebagai koalisi strategis tidak mendapat insentif elektoral, begitu pula dengan Golkar yang justru merosot elektabilitasnya," jelas Andreas.

Di sisi lain PSI yang hanya memiliki wakil di tingkat DPRD berhasil meningkatkan dukungan elektoral dan berpotensi melenggang ke Senayan pada 2024 mendatang. Di luar pemerintahan, hanya PKS yang masih cukup dominan dibandingkan yang lain.

Di tengah pandemi COVID-19 yang tak kunjung reda, elektabilitas tiga partai politik mengalami kenaikan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News