Survei UMM: Mahfud MD Bakal Cawapres Favorit di Jatim

Survei UMM: Mahfud MD Bakal Cawapres Favorit di Jatim
Ketua Tim Survei Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang Rully Inayah Ramadhoan (kiri) pada saat memberikan pemaparan hasil survei kepada media di Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (18/10/2023). ANTARA/Vicki Febrianto.

jpnn.com - MALANG - Mahfud MD menjadi bakal calon wakil presiden favorit di Jawa Timur. Hal itu berdasar hasil survei Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dirilis, Rabu (18/10).

Simulasi yang dilakukan Pusat Studi Ilmu Politik UMM di Jatim tersebut melibatkan 1.000 responden di berbagai wilayah yang tersebar secara proporsional di 100 kelurahan atau desa di 36 kota kabupaten.

Survei tersebut merupakan penelitian ilmiah independen yang didanai secara mandiri oleh Universitas Muhammadiyah Malang. Survei itu memiliki "sampling error" kurang lebih 3,1 persen.

Menurut Ketua Tim Survei Pusat Studi Ilmu Politik UMM Rully Inayah Ramadhoan, berdasarkan hasil survei dengan pertanyaan tertutup, diketahui Mahfud MD menjadi cawapres dengan tingkat pemilihan tertinggi.

"Calon wakil presiden dalam benak publik berdasarkan pertanyaan tertutup, tertinggi adalah Mahfud MD dengan 19,4 persen," kata Rully di Dau, Kabupaten Malang, Jatim, Rabu (18/10).

Menurut dia, berdasar hasil survei yang dilakukan pada September 2023 itu, tokoh lain yang memiliki potensi menjadi bakal cawapres ialah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang mendapatkan suara 14,5 persen.

Kemudian, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mendapat suarab 11,1 persen, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno 10,9 persen, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar 10,2 persen, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir 10 persen.

"Kemudian, tokoh lainnya, yakni Agus Harimurti Yudhoyono sebesar enam persen, Yenny Wahid 4,5 persen, dan Gibran Rakabuming 4,2 persen," ungkap Rully Inayah.

Hasil survei UMM, Mahfud MD menjadi bakal cawapres favorit di Jawa Timur atau Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News