Surya dan Ical Mainkan Politik Orba

Surya dan Ical Mainkan Politik Orba
Surya dan Ical Mainkan Politik Orba
JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit menilai gaya berpolitik yang dipakai oleh dua kandidat Ketua Umum Partai Golkar masing-masing Surya Paloh dan Aburizal Bakrie ternyata tidak lepas dari cara-cara yang dipakai Orde Baru.

"Lihat saja, kedua kubu saling klaim telah mendapatkan dukungan mayoritas dari DPD I dan II. Dan ini cocok betul dengan kultur Golkar di era Orde Baru yang serba pragmatis dan transaksional materialistis dalam berebut posisi," kata Arbi Sanit, di Jakarta, Senin (28/9).

Dengan saling klaim, lanjutnya, ini justru yang diuntungkan adalah DPD I dan DPD II selaku pemilik suara. Nilai transaksional mereka tentunya akan membaik secara signifikan. Dan ini sudah berlangsung puluhan tahun lalu.

Ical (sapaan akrab Aburizal Bakrie), secara tidak langsung menggunakan iklan untuk mempengaruhi pemilik suara, sementara Surya Paloh menggunakan survey LSI untuk menggenjot populeritasnya. "Dua-duanya tindakan mereka jelas tidak cerdas karena membutuhkan biaya yang sangat luar biasa. Tapi itu bisa berlangsung terus karena sesuai dengan kultur Golkar," ujar Arbi.

JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit menilai gaya berpolitik yang dipakai oleh dua kandidat Ketua Umum Partai Golkar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News