Surya Paloh Sebut Terpuruknya Rupiah sebagai Cobaan

Surya Paloh Sebut Terpuruknya Rupiah sebagai Cobaan
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menyebut terpuruknya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat sebagai cobaan.

"Kita sekarang sedang menghadapi sebuah cobaan di sektor moneter, lemah rupiah kita. Harus objektif saya katakan, apakah itu karena faktor internal kita? Saya berani katakan tidak," ucap Paloh.

Menurut dia, pelemahan rupiah terjadi akibat korelasi antara dalam dan luar negeri. Bahkan faktor eksternal menurutnya jauh lebih mendominasi tekanan terhadap perekonomian nasional. Karena itu perlu adanya terobosan-terobosan untuk mengatasinya.

"Tidak hanya policy-policy yang normatif semata-mata. Harus ada keberanian di sana dalam hubungan diplomasi, yang setahu saya Indonesia masih dibutuhkan oleh pemerintah dunia internasional," ucapnya.

BACA JUGA: Hal Ini Memperparah Pelemahan Rupiah

Ditambahkan Paloh, Indonesia selama ini selalu memelihara hubungan baik dengan banyak negara, baik Amerika Serikat, China hingga negara-negara di Timur Tengah.

"Upaya terobosan ini barang kali Pak Jokowi harus lakukan. Paling tidak diplomasi, bagaimana kita bersama berempati, karena penurunan rupiah ini memberikan dampak ekses dan sebagainya-sebagainya. Apa yang bisa kita lakukan bersama. Itu lah kira-kira sarannya," tutur Paloh. (fat/jpnn)

 


Suryo Paloh meyakini pelemahan nilai tukar rupiah lebih disebabkan faktor eksternal, bukan internal.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News