Susah Bangun Pagi? Awas Bisa jadi Karena Gejala ini

Susah Bangun Pagi? Awas Bisa jadi Karena Gejala ini
Tidur. Foto: Meetdoctor

jpnn.com - Sebagian orang menganggap bahwa bangun pagi adalah hal yang sulit dan sangat menyebalkan. Meski terkesan sepele, ternyata susah bangun pagi juga bisa menjadi gejala dari atypical depression.

Apa itu Atypical Depression?

Atypical Depression adalah kondisi ketika Anda selalu merasa mengantuk berlebihan. Menurut seorang ahli, Gail Saltz, MD., dari health.com, ciri utama dari gangguan ini adalah terlalu banyak tidur dan tidak pernah merasa cukup.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan Anda sulit bangun di pagi hari.

Mengutip health.com, kondisi yang satu ini ternyata memiliki gejala yang sulit untuk dikenali sejak awal. Ini karena gejala atypical depression berbeda dengan gejala depresi pada umumnya.

Beberapa penderitanya pun sering terkecoh. Menurut ahli dari University of Michigan Comprehensive Depression Center, Michelle B. Riba, MD., keluhan yang banyak dilontarkan hanya seputar masalah tidur.

"Banyak orang datang ke dokter untuk mengeluh tentang masalah tidur, atau sakit kepala, tidak menyadari bahwa ini adalah gangguan mood, karena mereka tidak memiliki mood yang buruk," katanya.

Hal itu, katanya, mungkin karena tidak semua gejala depresi akan terjadi sekaligus. Seseorang mungkin akan merasakannya secara bertahap, dan membutuhkan waktu untuk mengenalinya.

Meski terkesan sepele, ternyata susah bangun pagi juga bisa menjadi gejala dari atypical depression.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News