Susilo Bambang Yudhoyono Bangun Museum dan Galeri Seni SBY-Ani

Susilo Bambang Yudhoyono Bangun Museum dan Galeri Seni SBY-Ani
SBY ketika meresmikan dimulainya pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, di Pacitan, Jawa TImur, Sabtu (22/2). Foto: Istimewa

jpnn.com, PACITAN - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, di Jalan Lingkar Selatan (JLS), Ploso, Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (22/2).

Museum itu berdiri di atas lahan seluas 1,5 hektare. Sementara bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan mencapai sekitar 7.500 m persegi.

"Museum ini kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia utamanya generasi muda dan generasi mendatang. Juga dipersembahkan untuk Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono. Ini adalah tanda cinta saya dan keluarga yang amat dalam pada almarhumah istri tercinta," kata SBY dalam sambutannya.

Ketua Umum Partai Demokrat itu menyebutkan, almarhumah sang istri begitu mencintai Pacitan, sehingga sangat bersemangat dengan ide pembangunan museum tersebut semasa hidupnya.

"Ibu Ani sangat mendorong untuk segera dilaksanakan pembangunan museum dan galeri seni ini. Ketika di rumah sakit Singapura, Ibu Ani bilang "Pepo kalau nanti saya sudah sembuh, kita atur nanti pembangunan museum dan galeri itu". Itu kata-kata almarhumah yang saya ingat sampai kapanpun," kata dia.

Tampak hadir dalam acara itu Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan, Edhie Baskoro Yudhoyono dan Aliya Rajasa, serta para cucu, Aira, Airlangga, Sakti, dan Gaia.

Selain itu, hadir pula mantan Wakil Presiden Boediono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Bupati Pacitan Indartato, serta para mantan pejabat pemerintah, menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) I dan II.

SBY menjelaskan, Museum Kepresidenan Amerika Serikat seperti Truman, Eisenhower, Clinton, dan Bush yang pernah dikunjungi SBY bersama Ibu Ani dan keluarga, juga dibangun di tanah kelahiran mereka masing-masing.

Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani ini merupakan cara SBY untuk mewariskan nilai-nilai kepemimpinan dan pemikirannya kepada para generasi muda penerus bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News