Sutarmidji: Makin Bagus IPM Suatu Daerah, Maka akan Menarik Investor Luar untuk Masuk

Sutarmidji: Makin Bagus IPM Suatu Daerah, Maka akan Menarik Investor Luar untuk Masuk
Gubernur Kalbar Sutarmidji (Antara/Rendra Oxtora)

jpnn.com, PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan indeks pembangunan manusia (IPM) Kalbar masih jauh dari angka rata-rata nasional, yaitu pada urutan 29 atau 30 dengan poin 67,90. 

Menurutnya, Kalbar berada di posisi paling rendah untuk seluruh Kalimantan. 

Oleh karena itu, Sutarmidji mengajak pemerintah kabupaten/kota, civitas akademika, tenaga pendidik, dan masyarakat untuk bergotong royong meningkatkan IPM Kalbar. “Untuk itu saya mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan IPM Kalbar," kata Sutarmidji di Pontianak, Senin (6/6). 

Dia menambahkan untuk meningkatkan IPM Kalbar tersebut perlu dilakukan bersama-sama, khususnya dalam menyinkronkan program dan data di kabupaten/kota.

"Penilaian IPM ini juga berdasarkan dari IPM kabupaten/kota,” tegasnya. 

Mantan wali kota Pontianak yang menjabat dua periode itu menekankan penting memacu IPM. 

“Makin bagus IPM suatu daerah, maka akan menarik para investor luar untuk masuk,” paparnya.

Sutarmidji mengajak seluruh pemerintah kabupaten/kota di wilayah Kalbar untuk bersama membuat program berdasarkan indikator, seperti lamanya harapan belajar guna meningkatkan IPM di bidang pendidikan. Selain itu, daerah juga daerah harus teliti dalam melihat kebutuhan tersebut.

Sutarmidji mengajak semua pihak meningkatkan IPM Kalbar. Dia menegaskan makin bagus IPM suatu daerah, maka akan menarik investor luar untuk masuk. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News