Suzuki Ertiga Jadi Model MPV yang Jarang Dikeluhkan

Suzuki Ertiga Jadi Model MPV yang Jarang Dikeluhkan
Ilustrasi All New Ertiga di sebuah pameran mobil. Foto: ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Suzuki Ertiga terbaru, Daihatsu Sigra, Mitsubishi Pajero Sport dan Honda HR-V yang mewakili segmennya masing-masing dinyatakan dalam sebuah penetilian J.D. Power sebagai mobil yang paling sedikit mendapat keluhan dari pembeli baru.

Berikut hasil penelitian J.D. Power 2018 Indonesia Initial Quality Study (IQS), Rabu (23/1). Menurut J.D. Power pemilik kendaraan di Indonesia menjadi semakin sadar terhadap masalah yang terkait dengan desain kendaraan.

Dalam tiga tahun terakhir, proporsi masalah terkait desain hampir mencapai dua kali lipat, jika dibandingkan dengan masalah terkait produksi, hingga 40 persen di 2018 dari 27 persen di 2015.

Masalah yang paling banyak dikutip dari desain kendaraan adalah AC tidak dingin atau tidak dapat mempertahankan suhu yang diinginkan; bahan kursi lecet atau mudah kotor; dan masalah pairing dan connectivity melalui Bluetooth dengan telepon genggam.

“Terlihat dari berkurangnya jumlah keluhan terhadap masalah produksi, jelas sekali OEM mendengar dan memberikan solusi bagi keluhan yang disampaikan pelanggan,” papar Country Manager Indonesia dari J.D. Power Srabani Bandyopadhyay.

“Walau demikian, pelanggan terus semakin peka terhadap masalah desain pada kendaraan mereka.”

Dalam penelitian tersebut, Daihatsu Sigra berada pada peringkat tertinggi dalam segmen kendaraan entry compact (42 PP100). Honda HR-V berada pada peringkat tertinggi di segmen entry SUV (49 PP100). Mitsubishi Pajero Sport berada pada peringkat tertinggi untuk segmen SUV (50 PP100) dan Suzuki Ertiga berada di peringkat tertinggi segmen entry MPV (30 PP100).

Indonesia Initial Quality Study (IQS) 2018 adalah laporan yang didasarkan pada respon dari 2.576 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan antara Oktober 2017 dan September 2018. Penelitian ini mencakup 52 mobil penumpang, pick-up dan model kendaraan utilitas dari 10 macam merk. Penelitian dilaksanakan dari Mei sampai dengan Desember 2018.

Suzuki Ertiga terbaru, Daihatsu Sigra, Mitsubishi Pajero Sport dan Honda HR-V dinyatakan dalam sebuah penetilian J.D. Power sebagai mobil yang paling sedikit mendapat keluhan dari pembeli baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News