Swasta dan Pemerintah Wajib Pasang Ornamen Betawi

Swasta dan Pemerintah Wajib Pasang Ornamen Betawi
Swasta dan Pemerintah Wajib Pasang Ornamen Betawi

jpnn.com - GUBERNUR DKI Joko Widodo (Jokowi) dalam mengembangkan budaya Betawi mewajibkan setiap lembaga pemerintah dan swasta memasang ornamen Betawi di lingkungannya masing-masing.

Dengan menggelar acara Pekan Seni Budaya dan Arsitektur Betawi yang digelar  19 sampai  23 November di FX Mall Senayan, Pemprov DKI melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayan mencoba melakukan sosialisasi kebijakan Jokowi tersebut.

Kepala bidang pemberdayaan masyarakat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Ahmad Ghazali mengatakan, Jokowi mempunyai perhatian yang sangat besar terhadap kebudayaan Betawi. Oleh karena itu, kebijakannya terkait pemasangan ornamen Betawi di lingkungan gedung pemerintahan atau swasta tidak main-main.

"Pemasangan ornamen Betawi belum diterapkan di seluruh ruang public, seperti perkantoran maupun pusat perbelanjaan. Makanya perlu adanya upaya yang kuat, supaya kebijakan ini bisa dimaksimalkan," kata Ghajali saat menghadiri Pekan Seni  Budaya dan Arsitektur Betawi di FX Senayan, kemarin.

Ghajali mengatakan, Jokowi pun sangat mengapreasi kegiatan-kegiatan pertunjukan seni betawi, contohnya Pekan Kreasi Budaya Betawi yang ia hadiri hari ini.
Menurut dia, Pekan budaya. Betawi yang digelar oleh kelompok masyarakat betawi sangat membantu pemerintah dalam upaya menjadikan ornamen Betawi memenuhi ruang public di Jakarta.

"Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini masyarakat bisa  menikmati berbagai seni Betawi mulai dari gendang kromo maupun tarian-tarian Betawi yang harus terus dipelihara," katanya.

Menurut dia, bila terus digalakkan, suatu saat seluruh ornamen Betawi akan menghiasi seluruh ruang public di Jakarta baik pemerintah maupun swasta. 

Di tempat yang sama, pendiri Lembaga Kebudayaan Betawi  Efendi Yusuf,  mengatakan, kebijakan pemasangan ornament betawi di seluruh perkantoran dan ruang public lain perlu di perluas, sebab, selain menjadi pembelajaran bagi generasi muda, kebijakan itu juga mampu mengangkat kebudayaan betawi di tengah-tengah masyarakat Jakarta.

GUBERNUR DKI Joko Widodo (Jokowi) dalam mengembangkan budaya Betawi mewajibkan setiap lembaga pemerintah dan swasta memasang ornamen Betawi di lingkungannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News