Syahril HM Taher Resmi Lepas Persiba ke Pemkot Balikpapan

Syahril HM Taher Resmi Lepas Persiba ke Pemkot Balikpapan
Melalui rembuk terbuka, bisa segera menemukan kriteria pengelola yang baik bagi Persiba. Kegiatan ini juga terbuka bagi masyarakat yang ingin mengetahui masa depan Persiba. Foto: FUAD MUHAMMAD/KP

jpnn.com,  BALIKPAPAN - Syahril HM Taher akhirnya melepas jabatannya sebagai Ketua umum Persiba Balikpapan dan menyerahkan klub ke Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Jumat (9/11) lalu.

Dalam berita acara penyerahan yang disampaikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pada acara Rembuk Penawaran Pengelolaan Persiba Balikpapan di Stadion Batakan, Jumat (9/11) malam, ada tiga poin utama yang jadi perhatian utama.

Yang pertama, Syahril HM Taher resmi menghapus utang Persiba Rp 25,3 miliar.

Laki-laki yang sudah 14 tahun memimpin Persiba itu, juga menyertakan dana Rp 5 miliar sebagai saham pada manajemen baru nanti. “Nanti kalau sudah terbukti memperoleh keuntungan baru dikembalikan dana Rp 5 miliar ini,” kata Rizal.

Dia menambahkan, manajemen lama juga membebaskan manajemen baru dari beban dan tanggung jawab manajemen lama. Diharapkan dengan dihapuskannya utang ini membuat investor lebih tertarik mengelola Persiba.

Pada acara rembuk kemarin, pemkot membuka penawaran bagi calon investor yang berminat mengelola Persiba Balikpapan. Investor yang berminat, Rizal, bisa menghubungi tim seleksi melalui e-mail timselpersibabalikpapan@gmail.com dengan melampirkan curriculum vitae dan visi-misi masa depan Persiba. “Penyampaian permohonan kesediaan untuk menjadi investor paling lambat 9 Desember nanti,” kata dia.

Kepala Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kaltim dan Kaltara Samon Jaya menyebut, pada era sepak bola modern seperti sekarang, klub sangat berpotensi meraup keuntungan. “Saya tahu ada klub yang mendapat sponsor Rp 75 miliar. Tentu saja Persiba juga berpotensi mendatangkan keuntungan,” katanya.

Samon melanjutkan, selain dari sponsorship pendapatan juga bisa diperoleh dari tiket. Dia menerangkan, dari hasil pertandingan antara Persiba vs Persib di Liga 1 musim lalu saja panitia mampu mengantongi Rp 1,2 miliar. “Jika tiket bisa dimaksimalkan, saya yakin, pendapatan tiket bisa mencapai Rp 2 miliar. Ini tentu bisa menghidupi klub,” ungkap dia.

Syahril HM Taher akhirnya melepas jabatannya sebagai Ketua umum Persiba Balikpapan dan menyerahkan klub ke Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Jumat (9/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News