Syarat Daftar CPNS Mudah tapi Persaingan Ketat

Syarat Daftar CPNS Mudah tapi Persaingan Ketat
Syarat Daftar CPNS Mudah tapi Persaingan Ketat

jpnn.com - JAKARTA--Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno mengatakan, syarat untuk mendaftar CPNS saat ini sangat mudah. Hanya saja untuk menjadi PNS sangat sulit karena ketatnya persaingan dengan jutaan peserta CPNS.

"Peserta tes CPNS tahun ini sangat banyak. Dua minggu setelah pendaftaran dibuka, sekitar lima Juta lebih pelamar mengunjungi website SSCN BKN. Belum lagi yang di portal nasional panselnas," ujar Eko Sutrisno, yang juga Ketua Panselnas CPNS 2014, di Jakarta, Jumat (12/9).

Dia memaparkan, saat ini pemerintah membuka formasi 100 ribu CPNS di mana alokasi penempatan sebanyak 35 ribu untuk instansi pusat dan 65 ribu instansi daerah.

Pemerintah mempermudah proses pendaftaran CPNS melalui sistem online, sehingga para peserta cukup mendaftar dari rumah dengan mengupload Nomor induk kependudukan (NIK) di website Panselnas CPNS, tanpa direpotkan dengan persyaratan administrasi  seperti kartu kuning, SKCK Surat Keterangan bebas Narkoba dan lain-lain sampai peserta dinyatakan lulus seleksi.

"Untuk menjamin rekruitmen CPNS yang anti KKN tersebut pemerintah  telah menyiapkan sistem Computer Assistes Test (CAT) BKN dengan melibatkan 12 Kantor Regional BKN serta bekerja sama dengan Kemendikbud menggunakan fasilitas Uji Komptensi Guru (UKG) di Kabupaten/Kota yang tidak ada Kantor Regional (Kanreg) BKN," bebernya.

Dengan sistem CAT BKN diharapkan pemerintah bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat dalam penerimaan CPNS. Sebab pelamar CPNS dapat bersaing secara fair sehingga image titip-menitip yang selama ini beredar di masyarakat dapat terkikis dengan sendirinya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno mengatakan, syarat untuk mendaftar CPNS saat ini sangat mudah. Hanya saja untuk menjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News