Syarat jadi Presiden Harus Berani Ambil Keputusan

Syarat jadi Presiden Harus Berani Ambil Keputusan
Syarat jadi Presiden Harus Berani Ambil Keputusan
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden RI Hamzah Haz menyebut lima syarat yang mesti dipenuhi oleh calon presiden (Capres) dalam Pemilu Presiden 2014 mendatang. Syarat pertama menurut Hamzah, mengerti dan paham betul terhadap Pancasila dan UUD 1945 hingga mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa.

Syarat kedua, Ilmu yang cukup yang diperkaya dengan wawasan serta mengerti soal agama. "Sementara syarat ketiga, ini penting, berani mengambil keputusan yang diperlukan disaat yang dibutuhkan," kata Hamzah Haz, usai menerima Wakil Ketua MPR, Lukman Hakim Saifuddin, di kediamannya, kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (24/5).

Keempat, lanjut Ketua Majelis Pertimbangan PPP itu adalah dipilih langsung oleh rakyat dengan tingkat elektabilitas yang tinggi. Sedangkan kelima, memiliki pengalaman di pemerintahan. "Kalau seorang capres sama sekali tidak berpengalaman di pemerintahan, nantinya kalau dia terpilih ini berakibat lima tahun dia memimpin waktunya akan habis untuk belajar tentang memimpin sebuah pemerintahan. Ini tidak efektif nantinya," tegas Hamzah Haz.

Menjawab pertanyaan soal dikotomi capres tua-muda, Hamzah Haz menegaskan sebaiknya cari yang energik dan kuat. "Kalau sudah tua seperti saya yang sudah 73 tahun, jelas nggak maulah," ungkap mantan Ketua Umum PPP itu. (fas/jpnn)

JAKARTA - Mantan Wakil Presiden RI Hamzah Haz menyebut lima syarat yang mesti dipenuhi oleh calon presiden (Capres) dalam Pemilu Presiden 2014 mendatang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News