Syarief Hasan: Bentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru dan Alumni

Syarief Hasan: Bentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru dan Alumni
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan (paling kanan) saat mengunjungi SMA Negeri 3 Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (8/4). Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, MAKASSAR - Wakil Ketua MPR Dr. H. Sjarifuddin Hasan, SE, MM, MBA mengungkapkan bahwa berbagai cara harus dilakukan untuk memunculkan karakter anak didik atau siswa sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa.

Sosok yang beken dengan nama panggilan Syarief Hasan itu mengatakan salah satu caranya adalah melalui teori-teori yang diajarkan di kelas, dan keteladanan yang ditunjukkan tenaga pendidik atau gurunya, serta para alumninya.

Menurutnya, perilaku guru yang baik akan membekas di diri siswa sehingga dapat membentuk jati diri mereka.

Kemajuan dan kehebatan para alumni, lanjut dia, akan memotivasi siswa untuk makin giat belajar dalam menggapai cita-cita.

Nah, kata Syarief, dua hal ini sangat penting ada pada diri siswa agar terwujud generasi muda Indonesia selain berkarakter kebangsaan yang kuat, juga memiliki potensi besar di masa depan.

"Makanya saya ingin di sekolah itu agar dibuat semacam database yang bisa diakses siswa, yang isinya kumpulan para alumni yang sudah menjadi tokoh nasional seperti mantan Wapres RI Jusuf Kalla dan saya sendiri sama-sama alumni SMAN 3 Makassar ini,” kata Syarief saat mengunjungi SMA Negeri 3 Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (8/4).

Hadir dalam acara, Kepala Sekolah Drs. Nasriadi, M.M.Pd dan para guru SMAN 3. “Selain membuat rasa bangga karena satu almamater dengan tokoh nasional, para siswa akan semakin terpacu untuk sukses mengikuti para seniornya," tambah pimpinan MPR RI dari Partai Demokrat itu.

Syarief Hasan berkesempatan berdialog dengan para siswa secara online. Dalam dialognya, Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu mendorong siswa untuk rajin dalam menuntut ilmu agar bangsa ini memiliki banyak sumber daya manusia yang unggul.

Syarief Hasan menegaskan perilaku guru yang baik akan membekas di diri siswa sehingga dapat membentuk jati diri mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News