Syarif: ACFTA Mampu Buka Peluang Usaha UKM

Syarif: ACFTA Mampu Buka Peluang Usaha UKM
Syarif: ACFTA Mampu Buka Peluang Usaha UKM
JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), Syarif Hasan, menerangkan bahwa pihaknya optimis jika adanya ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA) mampu membuka peluang usaha bagi para pelaku KUKM, khususnya dalam upaya memperbesar produksi.

"Dengan berkembangnya ACFTA, dipastikan volume perdagangan akan meningkat. Maka dari itu, UKM yang bergerak di sektor jasa dan perdagangan diperkirakan tidak akan mengalami kesulitan, karena mereka menjual sesuai selera pasar tanpa membedakan asal-usul barang tersebut," jelas Syarif, dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (22/2).

Mengenai mekanismenya, terang Syarif pula, pihaknya akan memfokuskan pada penguatan daya saing KUKM melalui penanganan isu-isu domestik. Di antaranya yaitu penyederhanaan prosedur perizinaan bagi KUKM, penguatan sentra UKM, serta perluasan akses pembiayaan dan pengurangan biaya bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Untuk masalah ini, kami sudah melakukan koordinasi dengan aparat pusat dan daerah. Selain itu, kami juga menata produk-produk yang diproduksi KUKM," ujarnya.

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), Syarif Hasan, menerangkan bahwa pihaknya optimis jika adanya ASEAN-China Free Trade

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News