Syukurlah, Bayi Pasien Paling Belia Kasus Corona Sudah Sembuh

Syukurlah, Bayi Pasien Paling Belia Kasus Corona Sudah Sembuh
Bayi terjangkiti virus corona yang dinyatakan sembuh setelah perawatan 10 hari di Bamrasnaradura Infectious Disease Institute di Bangkok, Thailand. Foto: REUTERS

jpnn.com, BANGKOK - Bayi berusia satu bulan di Thailand yang terjangkiti virus corona akhirnya dinyatakan pulih. Selama 10 hari perawatan, bayi yang disebut-sebut sebagai pasien paling muda pederita COVID-19 itu diberi kombinasi empat obat antivirus.

"Strategi yang digunakan untuk merawat anak ini adalah memberinya obat selama sepuluh hari," ujar Visal Moolasart, dokter anak yang merawat bayi tersebut di Bamrasnaradura Infectious Disease Institute di Bangkok, Thailand seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (25/4).

"Kami melakukan pemeriksaan kesehatan padanya setiap hari dan tiga sampai lima hari setelah itu. Hasil pemeriksaan sinar-X menunjukkan tanda-tanda pemulihan bertahap," sambungnya.

Menurut Visal, merawat bayi berusia di bawah satu tahun menjadi tantangan tersendiri karena ada batasan dalam memberikan obat-obatan tertentu. Oleh karena itu tim dokter berkonsultasi kepada para ahli di bidang farmasi terlebih dahulu sebelum memutuskan daftar obat mana saja yang akan diberikan.

Visal menambahkan, dari beberapa kasus yang pernah dia tangani, gejala infeksi virus corona pada anak-anak cenderung lebih ringan daripada orang dewasa. Kendati demikian, dia tidak memerinci obat-obatan apa saja yang digunakan untuk merawat pasien bayi yang baru saja sembuh dari virus mematikan itu.

Laman worldometers.info mencatat jumlah kasus COVID-19 di Thailand pada Sabtu (25/4) ini ada 2.907. Dari jumlah itu ada 2.547 pasien yang sembuh, sedangkan yang meninggal dunia 51 jiwa.(mg9/jpnn)

Bayi berusia satu bulan di Thailand yang disebut-sebut sebagai pasien COVID-19 paling muda telah dinyatakan sembuh.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News