Tabanan Terangi Desa Wisata dengan Listrik PLTMH

Tabanan Terangi Desa Wisata dengan Listrik PLTMH
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Wali Kota Toyama Masashi Mori meresmikan pembangkit listrik tenaga mikro-hidro (PLTMH) di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Tabanan, Selasa (28/11). Foto: Indopos

jpnn.com, TABANAN - Pasokan listrik bagi masyarakat Desa Jatiluwih di Kecematan Penebel, Kabupaten Tabanan bakal berlimpah. Kini, desa yang pernah dikunjungi Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama itu memiliki pembangkit listrik tenaga mikro-hidro (PLTMH).

Ada empat unit PLTMH yang memanfaatkan aliran air pada sitem irigasi sawah untuk diubah menjadi energi listrik. Keempat PLTMH di Desa Jatiluwih itu diresmikan Selasa (28/11) oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Masashi Mori selaku wali kota Toyama, Jepang.

PLTMH di Desa Jatiluwih itu merupakan proyek percontohan Pemkot Toyama. Kesuksesan PLTMH di desa wisata yang kondang itu pun diharapkan bisa ditularkan ke daerah lain.

“Saya disini mewakili masyarakat Tabanan, khususnya Desa Jatiluwih mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Toyama Jepang karena telah memilih Tabanan sebagai lokasi percontohan,” ujar Eka.

Bupati asal PDI Perjuangan itu mengaku senang karena wilayahnya dijadikan lokasi untuk menerapkan teknologi mutakhir dalam pengadaan energi listrik. Lebih dari itu, katanya, keputusan Pemkot Toyama memilih Desa Jatiluwih merupakan bentuk kepercayaan besar.

“Saya pun bersyukur karena apa yang kami lakukan bisa dipercaya oleh Pemkot Toyama. Saya berharap sistem irigasi yang ada di Tabanan bisa diaplikasikan dengan lebih baik lagi oleh daerah lainnya,” sambung Eka.

Bupati yang telah meraih berbagai penghargaan itu menyatakan, Pemkab Tabanan terbuka bagi pihak mana pun yang hendak menjalin kerja sama. Dia juga mengharapkan kemajuan Tabanan selama ini bisa menginspirasi daerah lain.

Eka menambahkan, program PLTMH ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Dengan teknologi itu maka bukan tidak mungkin masyarakat akan merasakan listrik gratis.

Pasokan listrik bagi masyarakat Desa Jatiluwih di Kecematan Penebel, Kabupaten Tabanan bakal berlimpah seiring beroperasinya pembangkit listrik mikro-hidro.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News