Kamis, 22 Agustus 2019 – 14:03 WIB

Tabrakan Perez Amankan Vettel

Minggu, 29 Mei 2011 – 07:13 WIB
Tabrakan Perez Amankan Vettel - JPNN.COM

MONACO - Red Bull-Renault terus menguasai babak kualifikasi di musim Formula 1 2011. Di Monaco kemarin (28/5), Sebastian Vettel kembali meraih pole. Dia mencatat waktu 1 menit dan 13,556 detik di sirkuit jalanan 3.340 km tersebut.

Dari enam lomba yang berlangsung, Vettel sudah merebut lima posisi start terdepan. Yang satu lagi milik rekan setimnya, Mark Webber.

Yang sedikit beda, kali ini Red Bull tidak meraih pole lewat performa dominan. Tim-tim lain, khususnya McLaren-Mercedes dan Ferrari, tampaknya punya kans besar untuk menyaingi.

Sayang, kecelakaan besar saat sesi terakhir kualifikasi tinggal 2 menit dan 26 detik menghentikan segala momentum. Saat itu, bintang muda Sauber-Ferrari, Sergio Perez, mengalami kecelakaan besar saat keluar dari terowongan Monaco.

Mobilnya sudah tidak bisa dikontrol sejak di ujung terowongan, menyenggol pagar baja pengaman di sisi kanan, lalu menghantam keras dinding ban pengaman di tikungan S (chicane) berikutnya.

Bagian kanan mobil Perez hancur. Pembalap 21 tahun itu harus mendapat bantuan tim medis, dibawa ambulans ke medical center. Laporan dari tim medis waktu itu: Perez masih sadarkan diri dan mampu berbicara.

Gara-gara tabrakan itu, pengawas lomba menghentikan babak kualifikasi. Total, 40 menit sesi terakhir terhenti, menunggu mobil Perez diamankan dan dinding ban pengaman ditata ulang.

Ketika sesi dimulai, hampir semua peserta sesi terakhir antre di ujung pit lane. Lewis Hamilton, andalan McLaren, ada di paling depan. Dia merupakan yang paling dirugikan oleh tabrakan Perez. Saat bendera merah dikibarkan (sesi dihentikan), dia sedang berada di lintasan. Jadi, dengan hanya 2 menit dan 26 detik tersisa, Hamilton sama sekali belum mencatat waktu.

Semula, orang mengira bakal ada persaingan sengit di detik-detik akhir kualifikasi. Para pembalap bergantian mencatat waktu terbaik. Tapi rupanya, kondisi sudah berubah. Hamilton hanya mampu mencatat waktu 1 menit dan 15,280 detik, terpuruk di urutan tujuh. Nico Rosberg (Mercedes GP) juga tak mampu meraih catatan baik, di urutan delapan.

Mungkin, ban supersoft mereka telah "dingin" ketika menunggu sesi dimulai di ujung pit lane. Sehingga tidak bisa diajak melaju secara optimal.

Sadar pole sudah sulit direbut, para pembalap pun membatalkan lap terakhir mereka dan ramai-ramai kembali ke pit lane. Pole position Vettel pun aman.

Jenson Button, andalan lain McLaren, juga aman di urutan dua. Webber di urutan tiga, ditemani Fernando Alonso (Ferrari) di posisi empat. Begitu keluar dari mobil, Alonso juga tampak kecewa. Ferrari memang punya harapan agak tinggi, setelah pembalap Spanyol itu meraih waktu tercepat saat latihan.

Usai kualifikasi, Button membenarkan kalau kondisi lintasan di menit-menit akhir jauh dari ideal. "Licin sekali. Padahal kami ingin segera memaksa (di menit terakhir). Tapi temperatur ban kami sama sekali tidak memungkinkan (dingin, Red) karena kami diam menunggu di ujung pit lane selama dua setengah menit," tuturnya.

Seperti pihak lain di F1, Button juga menyampaikan harapan agar Perez tidak mengalami masalah terlalu besar. "Saya pernah tabrakan di tempat yang sama pada 2003, jadi saya tahu sakitnya seperti apa. Saya tidak yakin dia bisa ikut balapan. Tapi saya berharap dia segera pulih," ucapnya.

Sedangkan Vettel menyebut pole-nya tetap bukanlah jaminan dia akan dominan pula saat lomba. "Lomba di sini selalu terasa panjang, dan berlangsung seperti kasino (penuh kejutan). Total 78 lap sangatlah panjang. Dengan semakin banyaknya pit stop tahun ini, segalanya bisa berubah sampai menit terakhir," ujarnya.

Sama seperti Button, Vettel berharap Perez tidak apa-apa. Bahkan, Vettel mengaku tabrakan Perez sempat mengganggu konsentrasinya. "Jujur, sulit menjaga fokus dan sulit tampil 100 persen saat kita tidak tahu situasinya seperti apa. Yang melegakan, dia sadar dan bisa bicara," pungkasnya.

Pasangan HRT-Cosworth (Hispania), Tonio Liuzzi dan Narain Karthikeyan, sama-sama absen dari babak kualifikasi. Mereka memilih tidak ikut dengan alasan safety, setelah Karthikeyan mengalami problem suspensi di babak latihan.

Seharusnya, mereka tidak boleh ikut lomba hari ini (29/5). Tapi karena keduanya mampu mencatat waktu baik (lebih baik dari 107 persen) di sesi latihan, ada kemungkinan mereka tetap diizinkan ikut lomba kalau mampu mengatasi masalah pada mobil. (aza)

10 Besar Hasil Kualifikasi GP Monaco
1. Sebastian Vettel, Red Bull-Renault              1 menit 13,556 detik
2. Jenson Button, McLaren-Mercedes              1:13,997
3. Mark Webber, Red Bull-Renault                    1:14,019
4. Fernando Alonso, Ferrari                                1:14,483
5. Michael Schumacher, Mercedes GP            1:14,682
6. Felipe Massa, Ferrari                                       1:14,877
7. Lewis Hamilton, McLaren-Mercedes            1:15,280
8. Nico Rosberg, Mercedes GP                          1:15,766
9. Pastor Maldonado, Williams-Cosworth        1:16,528
10 . Sergio Perez, Sauber-Ferrari                        no time
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar