Tabur Bunga di KRI Soeharso Penuh Keharuan

Tabur Bunga di KRI Soeharso Penuh Keharuan
Ketua DPD Oesman Sapta Odang bersama Wakasau Laksmana Madya Taufiq (baju putih) dan komandan upacara tabur bunga di KRI Soeharso 990 Letkol Inf Triono. Foto: Boy/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Upacara tabur bunga peringatan Hari Pahlawan 10 November di KRI Soeharso 990 di perairan Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jumat (10/11) berjalan khidmat.

Ketua DPD Oesman Sapta Odang yang didaulat menjadi inspektur upacara larut dalam keheningan mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran.

Tepat pukul 8.15, penghormatan kepada arwah para pahlawan dilakukan dalam upacara yang dipimpin Letkol Inf Triono di geladak kapal rumah sakit TNI Angkatan Laut tersebut.

Terkecuali KRI Soeharso 990, empat kapal yakni KAL Sanca, KAL Kobra, Kapal KPLP, Kapal Polair membunyikan sirine 60 detik, mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur.

Oso kemudian memimpin peserta upacara dari unsur TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan lainnya mengheningkan cipta.

Suasana hening di kapal yang berjalan pelan di atas laut dengan ombak yang cukup tenang.

Tak terkecuali Soepranoto. Veteran perang yang sudah menginjak usia 96 tahun itu terlihat khidmat mengikuti upacara. Meskipun harus duduk di atas kursi roda dan dikawal anggota keluarga.

Setelah mengheningkan cipta, Oso didaulat untuk melakukan pelarungan bunga ke laut. Oso berjalan ke arah lambung buritan kapal melaksanakan pelarungan bunga.

Ketua DPD Oesman Sapta Odang pimpin tabur bunga di KRI Soeharso

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News