Makna Hari Pahlawan Bagi Anies Baswedan

Makna Hari Pahlawan Bagi Anies Baswedan
Anies Baswedan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (10/11). Menurut Anies, hari ini adalah momen untuk mengenang seluruh pahlawan Indonesia.

“Hari ini kita memeringati heroisme pahlawan di peristiwa 10 November 1945. Kita peringati ini bukan semata-mata atas Surabaya, tapi juga memeringati orang-orang yang berjasa untuk republik,” kata Anies usai upacara yang dipimpin Presiden Joko Widodo itu selesai.

Anies mengingatkan, setiap masa selalu ada orang-orang yang berjuang untuk kepentingan umum. Anies juga meyakini, sampai hari ini, masih banyak orang yang disebut sebagai pahlawan.

“Sebagian besar dari pahlawan itu tidak terlalu dikenang. Sebagian dari pahlawan itu dirasakan kehadirannya, perannya, maknanya tapi belum tentu dikenang. Hari ini kita hormati semua, baik yang namanya dikenal maupun yang tidak dikenal orang banyak,” kata Anies.

Kepada generasi muda, Anies berpesan agar menjadi pahlawan di masanya. Anak muda harus mengambil peran dalam membangun bangsa.

“Menjadi pahlawan di setiap zaman caranya itu berbeda-beda. Mau yang sama adalah mengedepankan kepentingan orang banyak, mengedepankan kepentingan bangsa dan memberikan yang terbaik untuk bangsa. Di situ salah satunya,” tandas Anies. (tan/jpnn)


Kepada generasi muda, Anies Baswedan berpesan agar menjadi pahlawan di masanya. Anak muda harus mengambil peran dalam membangun bangsa.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News