Tahniah & Testimoni Megawati untuk Anwar Ibrahim PM Baru Malaysia

Tahniah & Testimoni Megawati untuk Anwar Ibrahim PM Baru Malaysia
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dan pemimpin Pakatan Harapan Malaysia Anwar Ibrahim sebelum menghadiri Rapat Senat Terbuka Universitas Negeri Padang (UNP), pada 29 Oktober 2018. Foto: dokumentasi PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menyampaikan ucapan selamat untuk Anwar Ibrahim yang baru saja terpilih menjadi Perdana Menteri (PM) Malaysia.

Ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menyebut jabatan baru bagi Anwar tersebut merupakan buah penantian dan perjuangan selama 24 tahun.

"Ibu Megawati Soekarnoputri menyampaikan ucapan selamat kepada Datuk Anwar Ibrahim yang akhirnya diangkat menjadi perdana menteri setelah proses perjuangan panjang dan penuh keyakinan hingga akhirnya mendapatkan dukungan dari rakyat,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kamis (24/11).

Peraih gelar doktor ilmu geopolitik dari Universitas Pertahanan (Unhan) itu menjelaskan pertemuan terakhir kali antara Megawati dengan Anwar Ibrahim terjadi pada 29 Oktober 2018 di Padang, Sumatera Barat.

Saat itu, Anwar yang dikenal sebagai tokoh utama Pakatan Harapan menerima gelar doktor kehormatan honoris causa dari Universitas Negeri Padang (UNP).

Megawati dalam testimoninya di depan Rapat Senat Terbuka UNP menyatakan dirinya dan Anwar sama-sama menapaki jalan politik yang terjal dan berliku.

Megawati, kata Hasto, berpegang teguh pada prinsip Satyam-Eva Jayate. "Artinya, pada akhirnya kebenaran akan menang," tuturnya.

Megawati juga mengharapkan Anwar sebagai PM baru Malaysia akan membawa kemajuan dan stabilitas politik di negeri jiran tersebut.

Megawati Soekarnoputri menyebut menyebut jabatan perdana menteri bagi Anwar Ibrahim merupakan buah penantian dan perjuangan selama 24 tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News