Tahukah Anda, Obesitas Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Ginjal Kronis

Tahukah Anda, Obesitas Dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Ginjal Kronis
Obesitas. Foto:Health

jpnn.com - Obesitas adalah masalah serius yang bisa memiliki efek negatif pada banyak sistem dalam tubuh Anda. Ini tentu saja semakin meningkatkan peluang terserang beberapa jenis penyakit.

Studi yang dilakukan oleh George Institute for Global Health (GIGH) menemukan bahwa prevalensi obesitas di antara pasien penyakit ginjal kronis, terutama kalangan wanita, sangat tinggi.

Analisis awal terhadap data 1500 pasien dengan penyakit ginjal menunjukkan prevalensi obesitas pada tingkat 49 persen. Angkanya meningkat di antara pasien perempuan, yakni 57 persen.

Sesuai data dari Global Burden of Disease Study 2013, India berada tepat di belakang AS dan Tiongkok dalam hal jumlah penderita obesitas.

AS adalah nomor satu sementara Tiongkok dan India berada dibelakang negara adidaya tersebut.

"Data menegaskan fakta bahwa ada prevalensi obesitas yang tinggi pada pasien dengan penyakit ginjal kronis. Perhatian khusus adalah pada tingginya prevalensi obesitas perut pada wanita," kata Vivekanand Jha, Direktur Eksekutif George Institute for Global Health, India. (fny/jpnn)


Obesitas adalah masalah serius yang bisa memiliki efek negatif pada banyak sistem dalam tubuh Anda. Ini tentu saja semakin meningkatkan peluang terserang


Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News