Tahun Depan Jawa Bebas Minyak Tanah

Konversi Gas Rampung 2010

Tahun Depan Jawa Bebas Minyak Tanah
Tahun Depan Jawa Bebas Minyak Tanah
JAKARTA - Konversi minyak tanah ke elpiji ditargetkan rampung seluruhnya pada 2010. Dengan demikian, alokasi subsidi BBM khusus minyak tanah akan dihapus mulai tahun anggaran 2010. Penegasan itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam keterangan pers akhir tahun di Media Lounge DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Jumat (26/12).

Menurut dia, pada akhir 2009, pemerintah mencabut seluruh minyak tanah (mitan) di Pulau Jawa dan sekitar 90 persen di seluruh Indonesia. "Mudah-mudahan pada 2010, konversi minyak tanah ke elpiji selesai 100 persen," katanya.

Selain kendala mengubah gaya hidup yang sudah terbiasa menggunakan minyak tanah, Kalla mengakui, problem infrastruktur menghambat program konversi. Dia mengilustrasikan, pemerintah tahun depan harus menyediakan 46 juta unit tabung dan kompor gas dalam setahun. Padahal, hanya ada 30 pabrik tabung berkapasitas besar di dalam negeri.

"Karena itu, seluruh pabrik sekarang bekerja 24 jam sehari untuk memenuhi target produksi 46 juta unit tabung dan kompor gas," terangnya. Sebelumnya, Pertamina telah melakukan tender pengadaan 31 juta unit tabung gas ukuran 3 kilogram senilai Rp 4,03 triliun. Pengadaan tabung tersebut dimulai Maret 2009.

JAKARTA - Konversi minyak tanah ke elpiji ditargetkan rampung seluruhnya pada 2010. Dengan demikian, alokasi subsidi BBM khusus minyak tanah akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News