Tahun ini 48 Jembatan Timbang Dioperasikan

Tahun ini 48 Jembatan Timbang Dioperasikan
Petugas sedang memeriksa truk saat melintas di jembatan timbang. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memiliki Program Quick Win Perhubungan Darat, yang bertujuan untuk Pengentasan Overdimensi dan Overloading (ODOL), program ini mulai dilaksanakan sejak 2017 sampai dengan saat ini.

Salah satunya Pengoperasian jembatan timbang dengan bekerjasama dengan pihak ketiga.

"Tahun ini 48 Jembatan Timbang sudah dioperasikan, pada 2019 direncanakan akan beroperasi 92 Jembatan Timbang," ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi.

"Kami berupaya Jembatan Timbang ini transparan, akuntable, dan bisa dipercaya oleh masyarakat.Jangan sampai Jembatan Timbang menjadi sarana untuk pungli," imbuh Budi.

Nantinya kata Budi, jembatan Timbang ini akan di dampingi oleh pihak swasta yaitu Surveyor Indonesia, untuk mengantisipasi pungli.

"Dan jika ada pelanggaran akan dilakukan e-tilang, jadi tidak ada lagi transaksi yang cash di jembatan timbang," lanjutnya.

Budi juga meminta pihak Kepolisian agar dapat mendukung pengawasan Jembatan Timbang di lapangan.

"Kami butuh backup dari Kepolisian, khususnya di Polsek Ajibarang, banyak kasus terjadi pengemudi tidak membawa buku KIR hanya ada SIM dan STNK. Pada kasus seperti ini diperlukan petugas kepolisian untuk melakukan penilangan," tandasnya.(chi/jpnn)


Pengoperasian jembatan timbang dengan bekerjasama dengan pihak ketiga. Tahun depan ditargetkan 92 jembatan timbang akan beroperasi.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News