Tahun Ini, Ilmuwan Ingin Buktikan

Tahun Ini, Ilmuwan Ingin Buktikan
Tahun Ini, Ilmuwan Ingin Buktikan
SWISS - Para ilmuwan Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN) berharap bisa menemukan bukti keberadaan partikel misterius Higgs Boson. Sebuah partikel yang paling kecil yang disebut sebagai perantara terbentuknya semesta namun susah ditemukan, bahkan nyaris pun tidak. Itu sebabnya partikel ini juga kerap disebut sebagai "partikel Tuhan."

Para ilmuwan ini berharap partikel teoritis yang kerap disebut media sebagai "Partikel Tuhan" bisa dibuktikan dalam eskperimen tabrakan energi tinggi partikel di terowongan bawah tanah CERN yang berada 17 mil dari permukaan. CERN pun berharap "Partikel Tuhan" ini bisa dibuktikan sebelum akselerator ini ditutup di akhir 2012 untuk perbaikan.

"Belum pernah dideteksi dan ilmuwan telah bekerja selama puluhan tahun untuk membuktikan keberadaannya. Kini kami berharap bisa menciptakan kondisi untuk memungkinkan menemukan partikel ini," kata Rolf-Dieter Heuer, direktur CERN Large Hedron Collider (LHC) seperti dikutip telegraph (2/3).

Rolf yakin, akhir tahun ini ditemukan jawaban apakah benar partikel ini eksis dan bertanggung jawab atas pembentukan alam semesta. Pasalnya, fasilitas LHC sendiri dijadwalkan ditutup akhir tahun ini sampai dua tahun kedepan guna melakukan upgrade untuk meningkatkan kekuatannya. Karenanya, untuk kali pertamanya fasilitas canggih ini bakal dibuka untuk umum, melalui akses terowongan bawah tanah yang melintasi perbatasan Perancis-Swiss.

SWISS - Para ilmuwan Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN) berharap bisa menemukan bukti keberadaan partikel misterius Higgs Boson. Sebuah partikel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News