Tahun Ini Nilai UN SMA Jeblok, Oh Tenang Aja

Tahun Ini Nilai UN SMA Jeblok, Oh Tenang Aja
Anies Baswedan. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melansir data terbaru tentang UN SMA. Dari pengolahan ‎hasil UN, capaian rata-rata nilai UN 2016 untuk jenjang SMA dan sederajat mengalami penurunan dibanding 2015. Rata-rata nilai UN SMA 2015 adalah 61,93. Sedangkan rata-rata nilai UN SMA 2016 adalah 55,3. Artinya, terjadi penurunan 6,9 poin.

"Memang nilai UN tahun ini menurun, namun ini adalah angka riil. Tahun-tahun sebelumnya tinggi karena nilainya digelembungkan," kata Anies‎. Baswedan di Jakarta, Senin (9/5).

Penurunan nilai UN‎, sambung Anies, disebabkan berbagai faktor. Pertama, semakin meningkatnya kejujuran dalam pelaksanaan UN dan kian banyak sekolah yang menggunakan UNBK sehingga kecurangan tidak lagi terjadi.

Kedua, kese‎riusan siswa dan guru menyiapkan diri menghadapi UN mungkin juga berkurang karena hasil tak memengaruhi kelulusan. Ketiga, bentuk kisi-kisi UN 2016 yang tidak lagi berupa indikator soal yang rinci.

"Selain itu dalam UN 2016 jumlah soal dengan ketrampilan berpikir orde tinggi juga ditingkatkan hingga sepuluh persen. Perubahan-perubahan tersebut dilakukan berdasarkan masukan-masukan, kritik, dan saran perbaikan UN yang diterima dari berbagai kalangan pendidik maupun pemerhati pendidikan," pungkasnya. (esy/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News